Valencia hindari kekalahan lawan Alaves setelah lunasi defisit dua gol

Valencia justru mengawali melawan Alaves dengan cara yang buruk Jakarta – Valencia menghindari kekalahan melawan Alaves dan melunasi defisit ketertinggalan dua gol, untuk menahan imbang tuan rumah 2-2 dalam laga pekan ke-10 Liga Spanyol, di Stadion Mendizorroza, Minggu, waktu setempat (Senin WIB).

Setelah meraih kemenangan mengejutkan kontra Real Madrid jelang jeda internasional, Valencia justru mengawali melawan Alaves dengan cara yang buruk.

Gawang Valencia yang dikawal kiper Jaume Domenech kebobolan dua gol hanya 16 menit setelah sepak mula.

Dua menit pertandingan berjalan, Ximo Navarro menyelesaikan umpan silang Lucas Perez untuk membuka keunggulan tuan rumah.

Lantas pada menit ke-16 giliran Perez yang melesakkan bola ke gawang Valencia dengan mengkonversi tendangan penalti, setelah Navarro dijatuhkan di dalam area terlarang oleh Hugo Guillamon.

Baca juga: Tiga penalti dan gol bunuh diri buat Real Madrid takluk di Valencia

Keunggulan dua gol sukses dipertahankan Alaves hingga turun minum, dan mereka memilih bermain sedikit pragmatis di babak kedua dengan menebalkan lini pertahannya sembari membiarkan Valencia memiliki lebih banyak pengendalian bola.

Pilihan Pablo Machin belakangan terbukti keliru, sebab pada menit ke-72 Manu Vallejo berhasil meruntuhkan pertahanan Alaves untuk memperkecil ketertinggalan Valencia 1-2.

Gol itu segera disusul lima menit kemudian oleh Guillamon yang membayar kesalahannya dengan menanduk umpan tendangan bebas Carlos Soler, untuk membuat kedudukan imbang 2-2.

Valencia malah hampir berbalik memastikan kemenangan pada menit ketujuh injury time, jika saja tembakan Vallejo tak ditepis kiper Fernando Pacheco.

Baca juga: Valladolid keluar dari zona degradasi setelah pecundangi Granada

Satu poin yang dibagi membuat kedua tim memperbaiki posisi masing-masing di klasemen. Valencia naik ke peringkat kedelapan dengan koleksi 12 poin, sedangkan Alaves (10) merangsek menjauh dari zona degradasi ke urutan ke-14.

Kedua tim sama-sama memainkan laga pekan ke-11 mereka pada Sabtu (28/11), saat Valencia menjamu Atletico Madrid dan Alaves bertandang ke markas juara bertahan Real Madrid.

Baca juga: Sociedad kokoh di puncak klasemen setelah menang di Cadiz

Berita terkait: