Ustaz Riza Muhammad Ungkap Cara Sikapi Para Penghina Habib: Maafkan Dia

– Pendakwah Ustaz Riza Muhammad menerangkan penjelasan perihal cara menyikapi para penghina Habib atau keturunan Nabi Muhammad SAW sebagaimana anjuran agama Islam .

Sebelumnya, Ustaz Riza Muhammad menuturkan, keluarga nabi Muhammad SAW beserta keturunannya memang wajib  dihormati.

Pasalnya, mau bagaimana pun mereka tetap keturunan Rasulullah, junjungan umat Islam .

Perihal para penghinan Habib, Ustaz Riza Muhammad mengaitkannya dengan surah Al-Hujurat ayat 10 dan 11 yang menjelaskan bahwa setiap mukmin pada dasarnya bersaudara.

Baca Juga: Diduga Tak Berizin, Baliho Habib Rizieq di Bengkalis Dicopot Satpol PP

“Islam selalu menjaga satu etika, teh. Alquran menjelaskan dalam surat 49 Al-Hujurat ayat yang ke-10… ‘Setiap mukmin adalah bersaudara dan damaikan apabila ada perseteruan di antara saudara itu agar kau menuju kemenangan’,” ungkap Ustaz Riza dikutip Hops.id — Jaringan dari tayangan dalam kanal YouTube Ambu Rani .

Ustaz Riza Muhammad
Ustaz Riza Muhammad

Dalam ceramahnya, Ustaz Riza Muhammad menegaskan bahwa Alquran melarang satu kelompok untuk mengolok kelompok lainnya. Terlebih lagi, kelompok tersebut sama-sama bernafaskan Islam.

“Di bawahnya lagi Al-Hujurat ayat 11, ‘dilaran satu kelompok mengolok-olok kelompok yang lain, dilaran satu perempuan menghina perempuan yang lain, dilarang saling mencaci maki, dilarang saling memanggil gelar buruk untuk saudaranya. Jadi, secara fitrah siapapun dia dilarang mencaci saudara semuslimnya,” kata Ustaz Riza Muhammad.

Terkait isu yang belakangan santer terdengar yakni perseteruan antara Nikita Mirzani dengan Habib Rizieq Shihab dan Ustaz Maaher , Ustaz Riza sendiri menjelaskan bahwa seharusnya saling memaafkan.

Ustaz Riza mengatakan, pihak-pihak terkait memaafkan pelaku, meminta ampunan atasnya, sampai dengan bermusyawarah bersama. Terlebih lagi, pihak-pihak tersebut sama-sama beragama Islam.

Baca Juga: Titiek Soeharto Hadiri Pernikahan Anak Rizieq, Warganet Salfok Sama Ini

“Lah bagaimana menghadapi orang yang menghina tadi? Maafkan dia, mohon ampunkan dia, bermusyawarah dengan urusannya,” ujar Ustaz Riza.

Kendati begitu, Ustaz Riza Muhammad mengaku mengiris dengan kejadian yang terjadi.

Ustaz Riza Muhammad sedih lantaran sesama muslim malah saling menjatuhkan satu dengan yang lain.

Padahal menurutnya, salah satu ciri orang yang beriman kepada Allah itu terlihat dari tutur kata yang baik.

“Makanya kemarin kalau sampai ada kejadian yang kita saksikan itu, miris ya. Kita ikut sedih, kita sesama muslim yang harusnya saling menjaga, tapi ini saling menjatuhkan. Naudzubillah himindzalik,” tutur Ustaz Riza.

“Orang yang beriman kepada Allah berbicaralah yang baik. Kalau tak mampu, lebih baik diam,” tandasnya.

Sumber: www.hops.id

Berita terkait: