Usai Melahirkan, Tunggu Dulu Beberapa Bulan Sebelum Melakukan Diet

Usai melahirkan, seseorang kerap kali berusaha untuk mengembalikan berat badannya seperti semula. Walau begitu, hal ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Seorang yang baru saja melahirkan, sebaiknya menunggu beberapa bulan dahulu sebelum diet menurunkan berat badan.

“Kalau baru sebulan melahirkan, konsentrasi untuk mencukupi kebutuhan ASI dulu. Kalau bisa menyusui secara eksklusif, berat badan akan ikut turun,” kata dokter spesialis gizi klinik dari RS Pondok Indah – Pondok Indah Juwalita Surapsari dilansir dari Antara beberapa waktu lalu.

Salah satu kuncinya adalah mengonsumsi makanan bergizi dan mengurangi asupan yang kurang baik, seperti makanan dan minuman dengan perisa manis tambahan yang tinggi kalori. Makan tiga kali sehari ditambah dua atau tiga kali hidangan selingan sah-sah saja, apalagi perempuan yang sedang menyusui biasanya memang cepat merasa lapar.

Namun, sebaiknya Anda memilih camilan dengan densitas kalori yang rendah, seperti sayur dan buah, jika ingin ASI lancar dan berat badan turun. Saat pasokan ASI untuk buah hati sudah stabil, misalnya pada bulan ketiga atau keempat, Anda diperbolehkan untuk menerapkan aturan pola makan untuk menurunkan berat badan.

Pola Makan Seimbang untuk Ibu Baru Melahirkan

Dia menyarankan untuk memilih diet seimbang, di mana semua nutrisi tercukupi. Coba ganti karbohidrat yang tinggi serat, seperti umbi-umbian. Carilah sumber protein yang rendah lemak, misalnya telur, daging ayam tanpa kulit juga ikan. Kombinasikan protein hewani dengan protein nabati.

Untuk camilan, cari makanan yang kaya nutrisi agar Anda kenyang tapi tetap sehat. Sejumlah cara tersebut bisa berdapak sangat baik untuk kondisi kesehatan ibu yang baru melahirkan.

Baca juga:
Begini Cara Bagi Orangtua Tingkatkan Kemampuan Sosial Anak pada Masa Pandemi
Orang dengan Obesitas Disarankan Hindari Gula dan Tepung demi Imunitas
Keinginan Jasmani Menjadi Tanda Seseorang Sehat secara Mental

Berita terkait: