Unhas Makassar jajaki kerja sama dengan Pemprov Kaltara

Tarakan, Kaltara – Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan melalui Fakultas Teknik kini tengah menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara dalam bidang pengembangan tata ruang untuk pembangunan Kaltara secara komprehensif.

“Kita tahu Kaltara ini provinsi termuda. Usianya baru sekitar 8-9 tahun. Sehingga masih mudah untuk dilakukan pengembangan tata ruang pembangunannya seperti apa ke depan,” kata Dosen Teknik Arsitektur Fakultas Teknik Unhas Makassar Yahya Sirajudin di Tanjung Selor, Jumat.

Baca juga: Pemprov Kaltara kerjasama dengan UPA komitmen tingkatkan PAD

Dijelaskannya Fakultas Teknik Unhas perlu membuat suatu penelitian, riset atau perencanaan tentang pengembangan tata ruang Provinsi Kaltara ini, agar punya master plan dalam pembangunan ke depannya lebih baik lagi.

Dikatakan, melalui perencanaan pengembangan tata ruang berdasarkan hasil riset tersebut, pihaknya mengharapkan Provinsi Kaltara menjadi sebuah daerah yang maju seperti daerah lainnya.

Baca juga: Unhas dan KPI bahas riset dampak penyiaran

“Gambaran tata ruang Kaltara ke depan seperti apa harus kita kaji dulu secara spesifik. Karena setiap provinsi punya potensi dan perbedaan tersendiri, tidak bisa disamakan,” kata Yahya.

Disamping itu, pihaknya juga mengharapkan dapat melakukan penelitian terkait lingkungan atau analisis dampak lingkungan (amdal) di Kaltara.

Baca juga: Mahasiswa vokasi kesehatan Asmat praktik klinik di Makassar

Apabila rencana kerja sama ini direalisasikan oleh Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang nantinya Unhas Makassar akan melibatkan institusi terkait yang berkompeten dan punya keahliannya di bidangnya.

“Jika kerja sama ini diwujudkan dalam nota kesepahaman, nantinya akan ditindaklanjuti dan dijabarkan oleh dinas teknis,” kata Yahya.

Berita terkait: