Unai Emery Akan Latih Villarreal

Unai Emery akhirnya akan kembali ke La Liga Spanyol, setelah dipecat Arsenal pada November 2019 lalu. Mulai awal musim 2020-2021, Emery dilaporkan kembali melatih Villarreal, sekaligus mengakhi masa menganggurnya selama tujuh bulan terakhir.

Bagi Emery, Villarreal bukanlah klub baru. Ia pernah melatih klub itu selama empat musim sejak 2008-2012, sebelum pindah ke Sevilla dan mengukir kesuksesan di ajang Liga Europa bersama klub tersebut.

Ia akan menggantikan pelatih Villarreal saat ini, Javier Calleja yang diperkirakan akan meninggalkan klub berjulukan Kapal Selam Kuning tersebut. Ia gagal membawa Santi Cazorla dan kawan-kawan tembus ke Liga Champions, setelah hanya mengakhiri musim ini di posisi kelima.

Saat ditanya masa depannya, Javier Calleja mengaku membelum membicarakannya dengan manajemen klub. “Saya tidak membicarakan masa depan saya. Apa yang akan terjadi akan diputuskan oleh klub. Saya punya hubungan baik dengan klub dan saya sangat bersyukur atas peluang yang diberikan Villarreal kepada saya,” kata Calleja sebagaimana dikutip dari Sky Sports .

Ia melanjutkan, “Saya akan terus bekerja keras bagi Villarreal dan biarkan yang lain diputuskan oleh pihak klub.”

Unay Emery didapuk menggantikan Arsene Wenger di Arsenal pada Mei 2018. Pada musim pertamanya, Emery mengantar Arsenal melaju hingga final Liga Europa, tetapi menempatkan anak asuhnya di posisi kelima klasemen akhir Liga Utama Inggris.

Di musim kedua, penampilan timnya tidak konsisten sehingga akhirnya dia dipecat pada November tahun lalu. Posisinya sempat diisi oleh Freddie Ljungberg sebagai pelatih ad interim , sebelum diisi secara definitif oleh Mikel Arteta.

Berita terkait: