Twitter Spaces, Pesaing Clubhouse, Meluncur di Ponsel Android

– Twitter, pada Rabu (3/3/2021), mengumumkan akan segera membuka fitur ruang obrolan audio bernama Twitter Spaces untuk para pengguna ponsel Android.

Sebelumnya Spaces versi Beta sudah hadir untuk segelintir pengguna Twitter di iPhone sejak Desember 2020 kemarin. Adapun pengguna Android saat ini baru bisa terlibat dalam percakapan di Spaces, tetapi belum bisa membuka ruang obrolan sendiri.

“Mulai hari ini, para pengguna Android bisa bergabung dan berbicara di Space. Dalam waktu dekat kalian juga bisa membuat Space sendiri, karena kami sedang membereskan beberapa hal,” tulis Twitter saat mengumumkan kehadiran Spaces di Android.

Peluncuran Spaces untuk Android oleh Twitter dinilai tepat oleh para analis, karena Clubhouse sendiri sampai saat ini belum memiliki versi Android dan hanya bisa diakses di gawai iOS.

Baca Juga: Setelah Facebook dan Twitter, Xiaomi Punya Clubhouse Versi Sendiri

Penting juga dicatat ada perbedaan mendasar antara Clubhouse dan Twitter Spaces. Pada Clubhouse, orang bisa ikut mendengar dan berbicara jika diundang oleh pemilik ruang obrolan. Sementara di Twitter, tanpa diundang pengguna lain bisa leluasa ikut mendengar. Tetapi pembicara hanya untuk mereka yang diundang oleh pemilik Space.

Pengembang Clubhouse sebelumnya mengatakan mereka sedang mengembangkan versi Android dari aplikasinya. Belum diketahui kapan versi anyar itu akan tersedia.

Ruang obrolan berbasis audio seperti Clubhouse dan Twitter Spaces memang sedang populer di dunia, termasuk di Indonesia. Sayangnya untuk sementara, Twitter Spaces versi Android belum bisa digunakan di Indonesia dan baru tersedia untuk pengguna di India.

Berita terkait: