Trump: Jika Biden Menang, AS Dikuasai Tiongkok

Donald Trump mengatakan Amerika Serikat (AS) akan dikuasai Tiongkok jika Joe Biden memenangi pemilihan presiden pada November 2020. Kandidat capres Partai Republik ini juga mencela aksesi Beijing ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) saat sambutan yang sebagian besar tidak tertulis.

Seperti dilaporkan SCMP, Selasa (25/8), Trump memperingatkan para pendukungnya bahwa Beijing akan “memiliki” AS di bawah pemerintahan Demokrat. Dia pun menyiapkan panggung untuk serangan berkelanjutan selama seminggu terhadap Tiongkok dari pembicara Partai Republik.

Saat penampilan tak terjadwal di konvensi di Charlotte, Carolina Utara, Trump mengatakan AS telah “membangun Tiongkok”, mencerca aksesi Beijing ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) dan mengulangi klaim tidak berdasar bahwa penantang Demokratnya, Joe Biden, ikut serta membangun Beijing karena urusan bisnis putranya sebelumnya di negara itu.

“Tiongkok akan memiliki negara kami jika orang ini terpilih. Kami tidak bisa membiarkan itu terjadi,” kata Trump disambut penonton.

Konvensi Partai Republik digelar di tengah jumlah jajak pendapat yang buruk untuk Trump, dan infeksi virus corona yang dikonfirmasi di AS mencapai sekitar 5,7 juta dengan sekitar 177.000 kasus kematian.

Sambil menuduh lawan politik menggunakan pandemi “untuk mencuri pemilu kami” pada Senin, Trump tetap menyalahkan pemerintah Tiongkok atas wabah tersebut.

“Kami melawan hal mengerikan yang dikirim oleh Tiongkok ini. Dan saya memberi tahu mereka, kami tidak akan pernah melupakannya,” kata Trump.

Berita terkait: