Trump Absen dari Sesi Covid-19 di KTT G-20

Presiden Amerika Serikat Donald Trump tidak menghadiri pertemuan virtual G-20 terkait upaya global dalam mengatasi pandemi Covid-19 dan persiapan menghadapi potensi pandemi berikutnya. Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 kali ini adalah yang terakhir bagi Trump.

Dalam sesi Covid-19, para pemimpin G-20 mengirimkan pesan video terkait persiapan menghadapi pandemi, tetapi Trump atau perwakilan dari AS absen dalam sesi tersebut.

Trump berpartisipasi dalam upacara pembukaan virtual, di mana Arab Saudi menjadi tuan rumahnya. Setelah menghadiri pembukaan, Trump lanjut bermain golf di Trump National Golf Club di Sterling, Virginia.

Dalam pernyataan resmi Gedung Putih, Trump dan pemimpin G-20 membahas pentingnya pemulihan ekonomi dan lapangan kerja yang terdampak Covid-19, dan menegaskan pentingnya G-20 untuk kesejahteraan di masa depan. Presiden Trump tidak dijadwalkan untuk menghadiri penutupan G-20 hari ini.

BACA JUGA

Jokowi Dorong Akses Vaksin Covid-19 Dibuka bagi Semua Negara

Beberapa pemimpin dunia menyerukan pentingnya distribusi vaksin Covid-19 yang adil bagi semua negara dan pentingnya memperkuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam menghadapi pandemi dan koordinasi distribusi vaksin.

Pemerintahan Trump tahun ini mundur dari WHO dan rencana kerja distribusi vaksin yang disebut COVAX.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pihaknya siap mendistribusikan vaksin Sputnik V untuk negara lain yang membutuhkan. Rusia juga tengah mengembangkan vaksin kedua dan ketiga.

Presiden Tiongkok Xi Jinping juga mengatakan siap meningkatkan produksi dan distribusi vaksin. Tiongkok memiliki lima vaksin yang sudah memasuki tahap III.

Berita terkait: