Tolong, Kucingku Menelan Benang Saat Bermain!

Ada saja barang-barang di sekitar kucing yang diubahnya menjadi mainan, termasuk bola benang. Walau tampak lucu, menelan benang atau tali bisa memicu gangguan kesehatan yang cukup serius.

Sayangnya, tak sedikit pemilik anabul yang terlambat menyadari kecelakaan ini dan mulai melihat tanda-tanda tertentu, seperti muntah, sakit perut, bersembunyi, hingga agresif saat digendong. Jangan tunda lagi, segera lakukan langkah ini.

Alasan Kucing Mengejar Tali

muezza baru

©shutterstock

Di antara banyak perilaku alaminya, naluri berburu kucing membuatnya sering mengejar benda-benda yang bergerak dengan cara memutar dan menggulung, seperti bola benang. Seperti sedang memburu mangsanya, tak jarang anabul mengakhirinya dengan mengunyah dan menelan tangkapannya. Hal ini tentu berbahaya, apalagi saat hewan peliharaanmu tidak menemukan opsi yang tepat untuk dikunyah.

Bahaya Kucing Menelan Benang

muezza baru©shutterstock

Baik panjang atau pendek, benang yang tertelan oleh kucing dapat tersangkur di mulut dan saluran pencernaannya. Tapi masalah tersebesarnya adalah kerusakan saluran cerna yang disebabkan oleh penyumbatan usus. Kesulitan mengeluarkan benda asing yang memasuki pencernaannya ini juga bisa bikin anabul menderita kekurangan gizi, dehidrasi hingga potensi operasi yang dapat membahayakan nyawanya.

Ini yang Harus Dilakukan

muezza baru©shutterstock

Jika melihat kucingmu menelan tali atau benang, tahan keinginanmu untuk menariknya sendiri. Meskipun hanya tertelan sebagian, cara paksa ini dapat merusak kerongkongan dan memicu tersedak atau muntah. Segera bawa ke dokter hewan untuk diperiksa untuk menemukan benang yang mungkin masih berada di sekitar rongga mulut.

Kalau kecelakaan itu baru saja terjadi, biasanya dokter hewan akan mencoba membuat kucing muntah untuk mengeluarkannya. Sebaliknya, jika kejadian ini sudah lama terjadi, dokter hewan akan melakukan endoskopi untuk menemukan benang dan bisa saja menyarankan operasi apabila anabulmu tampak kesakitan.

Jaga Kucing Tetap Aman Selama di Rumah

muezza baru©shutterstock

Besarnya risiko menelan benang membuatmu wajib meningkatkan kewaspadaan, terutama saat tidak bisa mengawasi kucingmu setiap saat. Selain menyingkirkan benang atau tali, sediakan mainan yang aman bagi anabul. Misalnya mainan yang bisa diisi cat food yang bukan hanya bikin hewan peliharaanmu happy tapi juga mengurangi kebiasaan muntah karena terlalu banyak memakan treat.

Sediakan camilan secukupnya tapi tetap yang kaya nutrisi seperti Muezza. Dibuat dari bahan alami yang bebas dari bahan tambahan sintetik, brand makanan kucing kering ini bukan hanya cocok diberikan setiap hari sebagai makanan utama tapi juga kudapan.

muezza baru©Muezza

Nutrisinya lengkap dan seimbang, Muezza pun sudah mendapatkan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Tak perlu ragu-ragu untuk memegang cat food atau terkena liur kucing, begitu juga saat mencuci wadah makannya di tempat cuci piring yang sama. Hadir dalam 4 varian rasa yang bisa dipilih sesuai selera makan anabul, seperti Tuna Flavor, Ocean Fish Flavor, Mackerel Flavor, hingga Salmon Flavor.

Sediakan Muezza di rumah unntuk menjaga kesehatan kucingmu, cukup dengan memesannya di Shopee maupun Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

Berita terkait: