Tips Menjaga Kebugaran di Masa Pandemi Covid-19

Kebutuhan menjaga kebugaran justru semakin penting di masa pandemi virus corona (Covid-19). Terlebih lagi, kebanyakan orang cenderung lebih memilih berdiam di rumah. Alhasil, tubuh menjadi lebih pasif dan jarang bergerak. Memasuki masa adaptasi kebiasaan baru atau new normal sekarang ini, sudah saatnya semua orang bangkit melatih kebugaran fisik.

Dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi Siloam Hospitals Balikpapan, dr Stephanie Theodora SpKFR mengatakan, menjaga kebugaran tubuh sangat penting di masa pandemi. Mengingat hingga saat ini vaksin untuk virus corona masih belum ditemukan. Dengan demikian, kebugaran merupakan salah satu cara untuk menjaga sistem imunitas tubuh.

“Kebugaran adalah kondisi fungsional tubuh yang ditandai dengan kemampuan tubuh untuk toleransi beban latihan fisik yang secara terencana. Kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari secara maksimal, membutuhkan daya tahan, fleksibilitas, dan kekuatan. Bugar ini berarti masih memiliki tenaga cadangan untuk melakukan kegiatan tambahan,” ungkap Stephanie di sela webinar Health Talk Siloam Hospitals Balikpapan, Kamis (16/7/2020).

Menurut Stephanie, menjaga kebugaran dengan latihan fisik, yaitu suatu aktivitas yang terencana, terstruktur, dan konsisten dengan melakukan gerakan berulang dan mempertahankan kebugaran fisik. Manfaat latihan fisik adalah mampu membuat kadar hormon stres menurun, endorfin atau hormon senang meningkat, aliran darah dan getah bening meningkatkan di semua tempat termasuk di jantung, otak, ginjal, dan lainnya.

“Sehingga, secara langsung akan mempengaruhi kinerja metabolisme dalam tubuh. Tidak hanya itu, latihan fisik juga akan memperlambat proses penuaan karena lancarnya aliran darah dan metabolisme yang bekerja dengan baik saat latihan fisik. Terakhir, manfaat latihan fisik adalah mencegah kelemahan otot, baik otot jantung maupun organ lainnya di seluruh tubuh,” tegasnya.

Stephanie menyebutkan, banyak yang harus diperhatikan saat menjalankan latihan fisik yang aman di masa pandemi. Untuk latihan fisik dalam ruangan, harus diperhatikan ventilasi dan sirkulasi udara yang cukup, latihan cukup tidak berlebihan, dalam kondisi fit, hidrasi baik, tidak merokok, tidak menggunakan pakaian yang terlalu tebal dan harus bisa menyerap keringat, gunakan sepatu yang tepat, dan penerangan yang baik.

“Sedangkan bagi yang ingin menjalankan latihan fisik di luar ruangan, sama seperti di dalam ruangan protokol kesehatan pun harus diterapkan. Bedanya, sebaiknya tidak mengunjungi tempat keramaian, tidak menghadiri kumpulan sosial, lakukan sendirian atau bersama keluarga saja. Paling banyak maksimal 2 orang, dan jaga jarak. Jangan lupa bawa handuk dan masker pribadi, dan hand sanitizer ,” pungkasnya.

Berita terkait: