Tes Cepat Massal di GOR Sunter, 21 Reaktif

Sebanyak 21 dari 355 orang reaktif seusai dites cepat Covid-19 di Gelanggang Olah Raga (GOR) Sunter, Senin (20/7/2020).

“Wilayah Tanjung Priok dekat Danau Sunter merupakan zona merah beberapa waktu terakhir ini. Dan penyebaran Covid-19 cukup mengkhawatirkan. Untuk itu kami dari BIN (Badan Intelijen Negara) melaksanakan rapid test dan swab test atas dasar permintaan pemerintah daerah,” ujar Ketua Pelaksana Harian Sub Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 BIN, Brigjen TNI Irwan Mulyana.

Dikatakan, dalam kegiatan tersebut, pihaknya mengerahkan 40 anggota tenaga medis dan dua mobil lab swab test. Peserta yang reaktif hasil swab test- nya akan keluar dalam kurun waktu 5-6 jam.

Ia menargetkan ada 1.000 orang, baik dari masyarakat maupun pelaku usaha di sekitar Sunter yang bisa berpartisipasi mengikuti tes cepat.

“Harapan kita masyarakat benar-benar memiliki kedisiplinan. Karena percuma kita melakukan rapid test kalau masyarakat tidak disiplin. Selalu ikuti protokol yang ada seperti gunakan masker, cuci tangan, jaga jarak di mana pun beraktivitas,” tambahnya.

Camat Tanjung Priok, Syamsul Huda menyebutkan, di wilayahnya memang ada dua RW yang masih berstatus zona merah, yakni di RW01 Kelurahan Sunter Jaya dan RW01 Kelurahan Sunter Agung.

“Jika ada yang positif langsung dirujuk ke rumah sakit terdekat. Saat ini status kecamatan Tanjung Priok masih di zona kuning,” kata Syamsul.

Salah satu peserta tes cepat, Muhammad Rafei (24), PPSU Kelurahan Sunter Agung menyebutkan, dia mendapatkan hasil non-reaktif setelah memberikan sampel darahnya untuk diperiksa petugas.

“Agak deg-degan juga, tetapi ya syukur hasilnya tidak reaktif. Kita di lapangan juga dalam bekerja selalu menggunakan masker dan mengikuti protokol,” kata Rafei.

Berita terkait: