Tersisa Dua Hari, Pendaftar SNMPTN Sampai Tahap Finalisasi Baru 55%

Jakarta, Beritsatu.com – Jumlah pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang sudah melakukan finalisasi di situs Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sejauh ini baru 55%. Berdasarkan data LTMPT per Minggu (21/2/2021) malam, jumlah peserta eligible yang sudah login sebanyak 599.170 orang dengan perincian, peserta yang tercatat sampai tahap finalisasi 426.216 orang, sedangkan peserta yang sudah memilih prodi sebanyak 482.043 orang. Sementara peserta yang telah mengunduh portofolio sebanyak 3.113 orang.

“Dari peserta yang eligible mendaftar SNMPTN kira-kira sudah 55%, tinggal dua hari semoga selesai,” kata Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, Budi P Widyobroto, saat dihubungi Beritasatu di Jakarta, Senin (22/2/2021).

Tahap pendaftaran SNMPTN sudah dimulai sejak 15 Februari dan akan berakhir pada 24 Februari atau Rabu pekan ini pukul 15.00 WIB. Budi meminta semua pendaftar eligible agar secepatnya menyelesaikan proses pendaftaran di portal LTMPT yaitu https://portal.ltmpt.ac.id atau melalui laman https://snmptn.ltmpt.ac.id .

Siswa harus melakukan pendaftaran dengan tujuh tahap yaitu:

  1. Login di portal LTMPT
  2. Isi kelengkapan data orangtua
  3. Pilih program studi
  4. Isi portofolio
  5. Daftarkan prestasi
  6. Mengunduh kartu registrasi
  7. Mencetak karut

“Siswa kelas 12 yang eligible mendaftar SNMPTN segera mendaftarkan diri dan finalisasi,” lanjut Budi.

Budi mengatakan persyaratan yang biasanya belum dipenuhi siswa dalam proses pendaftaran adalah melengkapi unggahan portofolio untuk pilihan program prodi (prodi) seni dan keolahragaan. Untuk prodi seni antara lain seni rupa, seni murni, kriya, seni musik, seni tari, seni pertunjukan, teater, fotografi, film dan televisi, seni karawitan, etnomusikologi, sendratasik (seni drama tari dan musik), termasuk pula prodi pendidikan seni seperti pendidikan seni rupa, pendidikan musik, pendidikan tari, pendidikan sendratasik, pendidikan seni pertunjukan, dan pendidikan kriya.

Prodi seni juga termasuk desain interior, desain komunikasi visual, desain produk atau desain produk industri. Untuk bidang olah raga terdiri dari ilmu keolahragaan, pendidikan jasmani, pendidikan jasmani Sekolah Dasar, dan pendidikan kepelatihan olah raga.

Persyaratan portofolio berbeda-beda tergantung pilihan jurusan. Misalnya, untuk seni rupa, desain, dan kriya antara lain mewajibkan portofolio berupa karya gambar naratif sesuai tema dalam hitam putih, satu karya gambar komposisi empat benda (sesuai tema) dibuat berwarna, data prestasi, dan karya sesuai pilihan prodi (maksimal dua).

“Sebetulnya di pendaftaran prodi nonseni dan keolahragaan hanya isian profil orangtua yaitu pekerjaan dan penghasilan bapak dan ibu, tanpa lampiran. Untuk prodi seni dan keolahragaan harus mengunggah portofolio,” kata Budi.

Budi juga mengingatkan agar peserta eligible SNMPTN tidak mendaftar saat memasuki batas hari terakhir pendaftaran demi menghindari risiko jika masih ada persyaratan yang belum terpenuhi. Pengumuman hasil SNMPTN dijadwalkan pada 22 Maret 2021 melalui laman LTMPT yaitu https://pengumumansnmptn.ltmpt.ac.id dan laman mirror pengumuman di beberapa PTN.

BACA JUGA

Peserta SNMPTN Bisa Mulai Mendaftar Hari Ini

Berita terkait: