Teroris Dibekuk di Jatim Jaringan Usman Bin Sef

Sebanyak12 orang terduga teroris yang dibekuk Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri di beberapa wilayah di Jawa Timur (Jatim) dikenal sebagai sebagai “pemain lama”.

“Mereka adalah jaringan Usman bin Sef alias Fahim. Dulu pernah jadi Ketua Jemaah Islamiyah (JI) wakalah Jawa Timur dan sempat ditangkap karena membantu melindungi Noordin M Top setelah pengeboman JW Marriott tahun 2003,” kata seseorang yang mengetahui kasus ini pada Sabtu (27/2/2021).

BACA JUGA

Densus 88 Ciduk 12 Terduga Teroris di Jatim

Fahim, yang ditangkap pada 2004 itu, dituduh mencarikan tambahan bahan peledak untuk Noordin, bomber asal Malaysia yang kini sudah tewas.

Pascabebas dari tahanan Fahim sempat terdeteksi terkait Jamaah Ansharu Daulah (JAD) dan mendukung ISIS sebelum kini kembali ditangkap polisi.

Seperti diberitakan Densus 88 telah melakukan penangkapan terhadap 12 terduga teroris di Jawa Timur yaitu di Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, dan Malamg.

Namun Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko saat dikonfirmasi Jumat (26/2/2021) malam belum mengatakan latar belakang jaringan pelaku dengan alasan masih pengembangan dan pendalaman.

Selain Usman, salah satu terduga teroris yang dibekuk berisinial AIH. Ia ditangkap Tim Densus 88 Antiteror Polri di sebuah rumah di Jalan Medokan Sawah, Rungkut, Surabaya.

Dari penangkapan itu, disita sejumlah barang bukti seperti panah, samurai serta alat-alat tinju atau taekwondo.

Yang lain adalah TS, AS, BR, RBM, Y, F, ME, AYR, RAS, dan MI.

Berita terkait: