Terima LHP, KKP Berhasil Raih Opini WTP dari BPK

Badan Pemeriksa Keuangan ( BPK ) telah menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan (LK) Kementerian Kelautan dan Perikanan ( KKP ) Tahun 2019. Berdasarkan hasil pemeriksaan, BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kepada KKP.

LHP diserahkan langsung oleh Anggota IV BPK Isma Yatun kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo di di Kantor KKP, Jakarta, Rabu (22/7/2020).

“BPK mengucapkan selamat dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Menteri Kelautan dan Perikanan beserta seluruh jajarannya yang telah berhasil mempertahankan opini WTP yang telah diberikan pada tahun sebelumnya,” kata Isma Yatun dalam sambutannya.

“Prestasi ini merupakan sebuah komitmen yang dilakukan KKP dalam upaya mendukung peningkatan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara,” imbuhnya.

Isma Yatun juga mengapresiasi sinergi antara BPK dan KKP. Menurutnya, pihak KKP sudah menjalin komunikasi dengan baik, sehingga proses pemeriksaan berjalan lancar.

Is

Pada kesempatan yang sama, Isma Yatun menyampaikan pemeriksaan BPK ke depannya akan lebih melibatkan penggunaan teknologi informasi. Untuk itu, entitas pemeriksaan diharapkan dapat menyediakan dokumen digital mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban keuangan negara.

Berita terkait: