Terdeteksi Positif COVID-19, Dua Warga Kendal Batal Ikut Tes CPNS

Kendal, – Dua warga Kabupaten Kendal harus menelan kekecewaan lantaran tak bisa mengikuti rangkaian test SKB CPNS yang digelar di Gedung UTC, Jalan Sampangan, Semarang. Kedua peserta tersebut diketahui telah terinfeksi COVID-19 sehingga membuat keikutsertaannya ditunda. 

“Saat kita menggelar tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk formasi CPNS tahun 2019, ada satu peserta laki-laki dan satu lagi perempuan dari Kendal yang diketahui positif virus Corona. Hasilnya kita dapatkan dari rapid test kemudian diperkuat dengan tes swab PCR,” kata Cicik Sulastri, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kendal saat dikonfirmasi , Senin (21/9/2020). 

1. Dua peserta test SKB CPNS diisolasi di rumahnya

Terdeteksi Positif COVID-19, Dua Warga Kendal Batal Ikut Tes CPNSIlustrasi Ruang Isolasi Mandiri COVID-19 di Gresik, Jawa Timur. ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Usai dinyatakan positif, kedua peserta diminta isolasi mandiri di rumah masing-masing. “Mereka kita minta isolasi di rumahnya. Sampai kondisinya benar-benar sudah pulih lagi,” jelasnya.

Baca Juga: Luar Biasa! Nastiti Wanita asal Tegal Raih Nilai Sempurna Tes SKB CPNS

2. BKN Pusat jadwalkan test ulang 1 Oktober

Terdeteksi Positif COVID-19, Dua Warga Kendal Batal Ikut Tes CPNSGubernur Jateng Ganjar Pranowo melakukan sidak ke Asrama Donohudan Boyolali lokasi tes CPNS Pemprov Jateng. Humas Jateng/Slam Lanjutkan membaca artikel di bawah Editor’s picks

  • Matahari Bergerak ke Utara, Waspada Angin Kencang Terjadi di Jateng
  • Pelaku Pembunuhan di Baki Sukoharjo Tertangkap, Teman Dekat Korban 
  • Ditembak di Kaki, Pelaku Pembunuhan di Baki Sukoharjo Sempat Melawan

Cicik menyatakan kedua peserta itu lalu tidak diperbolehkan mengikuti test SKB CPNS di UTC. Sebagai gantinya, katanya mereka bisa ikut test SKB CPNS susulan pada 1 Oktober nanti di kantor UPT BKN Kota Semarang. 

Menurutnya test ulang tersebut sudah disetujui oleh BKN Pusat setelah pihaknya melaporkan adanya dua peserta test SKB CPNS dari Kendal yang dinyatakan positif COVID-19. 

“Test CPNS bagi dua peserta yang positif COVID-19 direschedule ulang. Kita kan sempat berkirim surat kepada BKN di pusat. Terus kita dapat informasi balasannya yang menyatakan bahwa rencananya jadwalnya untuk dua orang itu diadakan bersamaan dengan para peserta yang COVID-19 lainnya di UPT BKN di Kota Semarang pada 1 Oktober,” ungkapnya. 

3. Untuk ratusan peserta lainnya dinyatakan negatif COVID-19

Terdeteksi Positif COVID-19, Dua Warga Kendal Batal Ikut Tes CPNSIlustrasi virus corona (/Arief Rahmat)

Meski begitu, pihaknya memberlakukan syarat khusus. Yaitu keduanya wajib menyertakan hasil rapid test dua hari menjelang pelaksanaan test SKB CPNS. 

Tes SKB CPNS dari wilayah Kendal, ia menjelaskan sudah selesai diikuti oleh 690 peserta di UTC. Pada Jumat pekan lalu, sisa peserta lainnya dinyatakan negatif COVID-19. 

Proses pelaksanaan test SKB CPNS dipantau tim gabungan dari BKN Yogyakarta. “Hasilnya diumumkan langsung dari YouTube. Tapi kita belum cek berapa banyak yang dapat nilai tertinggi. Jumlah semua peserta test di UTC kemarin ada 690 orang. Dan itu dipantau BKN Yogyakarta,” tukasnya. 

Baca Juga: Hati-hati! Kabupaten Kendal dan Kudus Jadi Zona Merah Virus Corona

Berita terkait: