Temui Kendala, Target 15,7 Juta Pekerja Terima Subsidi Gaji di September Bisa Meleset

Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industri dan Jaminan Sosial (PHI & Jamsos) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Haiyani Rumondang, mengatakan target realisasi Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada 15,72 juta peserta pada akhir September 2020 kemungkinan meleset. Sebab, pemerintah menemui sejumlah kendala.

“Kami ingin targetnya sesuai dengan yang sudah direncanakan tetapi ada kendala yakni sesuai proses yang kami lakukan terhadap rekening-rekening yang mungkin ada masalah tentu ini juga ada mekanismenya,” kata Haiyani dalam diskusi Virtual Bicara Bantuan Subsidi Gaji/Upah dan Kartu Prakerja, Kamis (17/9).

Sebelumnya BPJS Ketenagakerjaan melaporkan, per 16 September 2020, terdapat 1,7 nomor rekening yang tidak valid, dikarenakan nomor rekening yang sudah tidak aktif, atau nomor rekeningnya tidak update.

Dia menjelaskan sebenarnya tujuan dari penyaluran ini adalah melindungi, mempertahankan dan meningkatkan kemampuan ekonomi, dengan tujuan tersebut sebenarnya target yang sudah direncanakan tentu diharapkan bisa tercapai tapi ternyata ada kendala.

“Masyarakat terutama yang sudah dimasukkan oleh BPJS datanya dan dalam proses ternyata ada yang rekeningnya itu tutup, padahal dalam tahap proses penyaluran, atau ada pergantian buku dan sebagainya, dan ini yang kami minta tolong bahwa kita pahami yang bersangkutan bisa memperbaiki,” ujarnya.

Butuh Peran Aktif Seluruh Pihak

aktif seluruh pihak

Maka dari itu, pemerintah mengingatkan diperlukan koordinasi antara pemberi kerja dengan penerima BSU terkait validasi nomor rekening yang aktif. Jangan sampai peserta yang berhak mendapatkan BSU tidak jadi lantaran kendala nomor rekeningnya tidak aktif.

“Kami berharap BPJS Ketenagakerjaan tentu telah mengkomunikasikannya kepada pemberi kerja sehingga pemberi kerja bisa memberitahukan kepada pekerjanya, begitu yang kami harapkan semoga ada kerjasamanya akan sangat baik target seluruhnya bisa terpenuhi,” pungkasnya.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6

[bim]

Baca juga:
Kemnaker Butuh 4 Hari Validasi Data Pekerja Penerima Bantuan Gaji Rp600.000
Alasan Subsidi Gaji ke Nomor Rekening Bank Swasta Lebih Lama Diterima
Per 16 September, BPJamsostek Serahkan 11,8 Juta Nomor Rekening ke Kemenaker
BPJamsostek Coret 1,7 Juta Rekening Pekerja dari Daftar Penerima Subsidi Gaji
Menaker Kantongi 2,8 Juta Rekening Pekerja, Subsidi Gaji Tahap 4 Segera Cair
Penyaluran Dana PEN dalam Dua Minggu Tembus Rp14,4 Triliun, Termasuk Subsidi Gaji
Subsidi Gaji Tenaga Kerja Honorer Ditargetkan Cair Bulan Depan

Baca Selanjutnya: Butuh Peran Aktif Seluruh Pihak…

Halaman

  • 1
  • 2