Tekan Penyebaran

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara ( Pemprov Sumut ) akan menyekat lima daerah perbatasan sebagai upaya untuk menekan penyebaran kasus virus corona atau Covid-19 .

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi mengatakan, kelima daerah perbatasan yang disekat itu adalah Kota Medan, Binjai, Deli Serdang, Tanah Karo dan Serdang Bedagai. Warga yang melintas diwajibkan melalui proses pemeriksaan kesehatan, suhu tubuh maupun lainnya.

“Untuk 5 daerah yang disekat ini sudah disiapkan tempat isolasi bagi masyarakat yang terpapar dengan kategori ringan, sedang dan berat. Kita juga siapkan rumah sakit rujukan untuk pasien dengan kondisi berat,” ujar Edy Rahmayadi saat pembagian masker dan sosialisasi protokol kesehatan di Lapangan Merdeka Medan, Kamis (10/9/2020).

BACA JUGA

Gubernur Sumut: Belajar Tatap Muka Risikonya Berat

Mantan Pangkostrad ini menyebutkan, Pemprov Sumut tidak memilih PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) karena sudah menerapkan Peraturan Gubernur Sumut (Pergub) Nomor 34 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Sumut.

Pergub ini dinilai sejalan dengan Inpres Nomor 6 tahun 2020 itu, yang juga dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten/kota. Dimana, kepala daerah juga mengeluarkan aturan dan kebijakan, termasuk pemberian saksi terhadap masyarakat yang melanggar protokol kesehatan . Meski memiliki aturan, pelanggaran masih terjadi.

“Sebagus apapun aturan dan kebijakan yang dibuat tidak berguna jika tidak didukung oleh masyarakat. Kita meminta masyarakat supaya turut membantu pemerintah agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir. Gunakan masker, mengatur jarak, rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan tidak melakukan kerumunan,” katanya.

BACA JUGA

Pemprov Sumut Waspadai Kasus Covid-19 di Perkantoran

Terkait penerapan PSBB oleh Pemprov DKI, Edy Rahmayadi menyarankan, masyarakat daerah ini untuk menunda perjalanan ke ibu kota. Terkecuali dalam keadaan mendesak, masyarakat diminta mengikuti aturan yang diberlakukan oleh Pemprov DKI.

Berita terkait: