Tanggapan PSIS Tentang Wacana Pembatasan Pemain Asing di Liga 1 2021

Bola.com, Semarang – Manajemen PSIS Semarang menanggapi kabar atas wacana pembatasan pemain asing di Liga 1. Beredar kabar akan adanya regulasi baru, berkaitan dengan pemain asing pada kompetisi Liga 1 2021.

Hanya akan ada maksimal tiga pemain asing di setiap klub peserta Liga 1 2021 . Dengan komposisi dua pemain non Asia dan satu pemain asing berpaspor Asia. Praktis bakal ada perbedaan jika dibandingkan sebelumnya.

Diketahui Liga 1 dalam beberapa musim terakhir memiliki komposisi tiga pemain asing berstatus non Asia. GM PSIS Semarang, Wahyu Winarto mengatakan tim Mahesa Jenar tidak berkeberatan akan hal tersebut dan mendukung demi regenerasi pemain.

“Wacana perubahan kuota pemain asing, saya kira setuju saja. Akan membuat pemain lokal terutama bibit-bibit untuk suplai ke Timnas semakin terasah kualitas bakat dan potensinya,” terang Wahyu Winarto, Jumat (30/4/2021).

PSIS sendiri tampil garang selama turnamen pramusim di Piala Menpora 2021 kemarin. Tampil tanpa pemain asingnya dan banyak menampilkan tenaga muda, tim Mahesa Jenar mampu membuat kejutan dengan melangkah hingga ke babak delapan besar.

“Kami melihat ketika turnamen Piala Menpora banyak klub yang mencoba memainkan pemain lokal dan tanpa pemain asing, itu hasilnya cukup bagus,” ujarnya.

“Artinya ini cukup untuk memberi peluang dalam berkarir di sepak bola , dan juga menambah jam terbang pemain lokal. Bibit-bibit potensial bisa lebih terpantau,” jelas pria yang akrab disapa Liluk.

“Persaingan pemain lokal untuk masuk ke Timnas juga semakin bagus karena banyak kesempatan bermain di kompetisi dengan klubnya.”

 

Berkomunikasi dengan Tim Pelatih

tanggapan psis tentang wacana pembatasan pemain asing di liga 1 2021
Bruno Silva, belum memastikan masa depan di PSIS Semarang. (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Jika benar nantinya akan ada perubahan kuota pemain asing, membuat PSIS bakal mengurangi satu slot pemainnya. Diketahui, PSIS punya empat pemain asing yang masih berada di negara masing-masing.

Diantaranya; Wallace Costa, Jonathan Cantillana, Flavio Beck Jr, dan Bruno Silva. Terkait siapa nantinya yang akan dicoret bila terganjal regulasi pemain asing yang baru, Liluk mengatakan pihaknya akan berdiskusi dengan tim pelatih yang dipimpin Dragan Djukanovic.

“Kami akan mencoba berbicara dengan pelatih. Berkoordinasi terkait kebutuhan pemain asing jika memang aturan itu nantinya dipakai. Tentunya berkomunikasi soal kebutuhan mana yang perlu menggunakan pemain asing,” tegasnya.

Video

Berita terkait: