Tak Semua Kucing Mengeong, Ini Alasan Hewan Peliharaanmu Diam Membisu

Anak kucing hingga dewasa mengandalkan suaranya untuk berkomunikasi. Mengeong jadi caranya sejak kecil untuk menunjukkan keberadaannya, menyapa pemiliknya hingga meminta makan. Tapi tak jarang kucing lebih banyak diam, tanpa mengeluarkan suara yang bsia dipicu oleh beberapa alasan berikut ini.

Jarang mengeong itu normal

tak semua kucing mengeong ini alasan hewan peliharaanmu diam membisu©2021

Sama seperti pemiliknya, kucing juga ada yang suka mengobrol dan sebaliknya, pendiam. Hal ini biasanya dipengaruhi juga oleh jenis rasnya, seperti Siam yang terkenal suka mengeong sementara Birman lebih pendiam. Uniknya, kucing tidak mengeong satu sama lain, tapi hanya dilakukan antara anak dan induk kucing serta saat berkomunikasi dengan manusia.

Waspadai jika kucing mendadak jadi pendiam

tak semua kucing mengeong ini alasan hewan peliharaanmu diam membisu©2021

Meskipun sebagian besar dipengaruhi oleh kepribadiannya, waspadai jika kucing mendadak berubah pendiam yang bisa jadi tanda masalah yang lebih serius. Salah satunya infeksi saluran pernafasan atas yang membuat kucing jarang mengeong dan diiringi dengan hidung basah, mata berair dan lesu.

Pada kucing yang lebih tua, kelenjar tiroid yang terlalu aktif dapat memicu suara serak dan penurunan berat badan. Penyebab lainnya adalah munculnya tumor yang dibarengi dengan bersin, batuk dan infeksi telinga yang berulang. Jika mencurigai masalah kesehatan yang lebih serius, segera konsultasikan pada dokter hewan.

Lihat responnya

tak semua kucing mengeong ini alasan hewan peliharaanmu diam membisu©2021

Jika tidak menemukan tanda-tanda gangguan kesehatan, terkadang kucing hanya membutuhkan sedikit dorongan. Seringkali kucing jadi lebih pendiam seiring bertambahnya usia, tapi bisa juga mendorong responnya untuk bersuara. Misalnya lebih sering mengajaknya berbicara, menatapnya saat mencoba berinteraksi dengannya, hingga memutar video kucing yang sedang mengeong untuk melihat responnya.

Mendadak jadi pendiam bisa jadi salah satu gejala kucing yang sedang sakit. Cegah sebelum terlambat dengan memperhatikan kesehatannya, salah satunya dengan memberikan cat food yang berkualitas seperti Muezza.

Diformulasikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya, Muezza dibuat dari bahan baku protein hewani seperti tuna, salmon, ikan laut dan mackerel yang kaya akan taurin sehingga terhindar dari penurunan kemampuan penglihatan. Terbuat dari bahan alami pilihan, pembuatan Muezza menggunakan teknologi modern sehingga mampu menciptakan makanan dengan nutrisi seimbang, tanpa tambahan bahan sintetik.

tak semua kucing mengeong ini alasan hewan peliharaanmu diam membisu©instagram/datslunacat

Kualitasnya kian terjamin berkat sertifikasi halal yang didapat dari The Central Islamic Committee of Thailand. Selain sehat untuk kucing kesayangan, cat owner pun jadi bebas khawatir saat terkena liur kucing, membersihkan peralatan makan, memegang cat food hingga lebih leluasa mencari tempat penyimpanan makanan kucing.

Berikan makanan terbaik untuk kucing kesayanganmu dengan menyediakan Muezza, yang memiliki 4 varian rasa lezat. Yuk, dapatkan segera di Shopee maupun Tokopedia, tanpa repot harus keluar rumah.

Beli Muezza di Shopee   Beli Muezza di Tokopedia  

Berita terkait: