Syekh Ali Jaber, Ulama yang Selalu Ingatkan Jemaah Untuk Hafal Alquran

Umat Islam di Tanah Air kini mengalami duka mendalam usai Syekh Ali Jaber dinyatakan meninggal dunia. Pendakwah kelahiran Mekah ini tutup usia pagi tadi.

Semasa hidup, Syekh Ali seringkali membagikan berbagai nasihat mulia kepada para jemaah. Salah satunya yakni mengenai pentingnya menghafal Alquran.

Mendiang selalu mengingatkan jemaah untuk mengutamakan Alquran di dalam kehidupan sehari-hari. Seperti apa pesan Syekh Ali saat menyampaikan hal tersebut?

Berikut ulasan selengkapnya.

Ingatkan Amal Jariyah

Hal pertama yang seringkali disampaikan Syekh Ali Jaber di berbagai kesempatan dakwahnya yakni mengenai amal jariyah. Menurutnya, amal jariyah merupakan pahala yang tak akan pernah terputus meski seseorang telah menghadap Sang Khalik.

pesan syekh ali jaber

YouTube Quwwatul Qur’an ©2021

“Bahagialah dia yang bisa membuka buku amalannya, walaupun dia mati tapi terus disalurkan pahalanya. Sedekah jariyahnya tidak terputus,” ujarnya seperti yang dikutip dari kanal YouTube Quwwatul Quran.

Alquran Menjadi Prioritas Hidup

Selain itu, mendiang tak henti-hentinya untuk selalu mengingatkan jemaah mengenai pentingnya Alquran di dalam menjalani kehidupan. Bukan hanya untuk dibaca, melainkan Alquran seharusnya menjadi pedoman yang terus dihafalkan.

“Alquran untuk dipelajari, untuk dihafal. Saya memiliki harapan yang sangat tinggi,” ucapnya.

Syekh Ali Jaber sempat mengungkapkan harapannya kepada Tanah Air. Ia menuturkan, bangsa Indonesia mampu menjadi bangsa dan umat Islam yang adil jika selalu mengutamakan Alquran sebagai pedoman.

pesan syekh ali jaber

YouTube Quwwatul Qur’an ©2021

“Insha Allah Indonesia sepanjang apapun kegelapan, sepanjang apapun kegelapan, kedzaliman, sepanjang apa pun kehilangan keadilan, Insha Allah akan datang terbitnya matahari adil dan bisa menjadi negeri Alquran,” tambahnya.

Mati Bersama Alquran

Syekh Ali Jaber merupakan sosok penuh kelembutan yang selalu tegas menyampaikan pesannya. Kepada sang istri tercinta, mendiang bahkan pernah menyebut jika suatu saat ia meninggal dunia, ia akan tetap setia berpegang teguh pada Alquran.

pesan syekh ali jaber

YouTube Quwwatul Qur’an ©2021

“Dan saya selalu berkata sama istri, kalau saya mati itu pun karena saya bersama Alquran. Yang bersama Alquran tidak akan merugi, berkah rezekinya, berkah umurnya, terjamin kebahagiaan,” ungkapnya.

Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia

Sebelumnya, kabar duka tersebut disampaikan langsung oleh Ustaz Yusuf Mansur. Diketahui, Syekh Ali Jaber menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Yarsi Cempaka Putih, Jakarta .

“Innalillahi Wainna Ilaihi Raaji’uun. Syaikh Ali Jaber wafat di RS Yarsi, jam 8.30. Mohon doanya,” tulis Ustaz Yusuf Mansur melalui akun Instagramnya, @Yusurfmansurnew dikutip Kamis (14/1).

ustaz yusuf mansyur kenang kebersamaannya dengan syekh ali jaber tak kuasa tahan tan

Instagram/yusufmansurnew©2021

Kondisi Syekh Ali Jaber sebelumnya membaik, pasca dinyatakan positif dan menjalani perawatan Covid-19. Hal itu diungkap Menko Polhukam Mahfud MD melalui akun Twitter pribadinya.

“Berdasar komunikasi dengan keluarga Syekh Ali Jaber, Alhamdulillah, Syekh semakin membaik,” tulis Mahfud dalam cuitannya, Selasa (5/1).

Berita terkait: