Survei RSRC: Elektabilitas Azizah-Ruhama & Muhamad-Rahayu Meroket, Petahana Tertinggi

Gabungan angka swing voters dan undecided voters dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang Selatan, mencapai 62,4 persen. Angka tersebut, masih sangat tinggi untuk para pasangan calon merebut hati masyarakat Tangsel, dalam Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.

“Potensi swing voters di Pilkada Tangsel masih cukup tinggi 32,4 persen. Bahkan jika angka swing voters dan undecided voters digabungkan, angkanya signifikan yakni, 62,4 persen,” ungkap Khoirul Umam, Direktur Eksekutif Romeo Strategic Research and Consulting (RSRC) saat mempublikasikan hasil temuan dan survei Pilkada Tangsel, di Hotel Sahid Serpong, Jumat (20/11).

Dari jumlah itu, 18,9 persen warga Tangsel, merahasiakan jawaban. 12 persen belum punya pilihan dan 30,9 persen tidak tahu dan tidak punya jawaban. Sementara yang telah memutuskan, punya pilihandan tidak akan berubah sebanyak 36,6 persen.

“Maka hal ini perlu diantisipasi, sebab pengalaman dari Pilkada DKI Jakarta , Jawa Barat dan Banten, responden dengan pilihan merahasiakan jawaban seringkali didominasi oleh simpatisan Partai Keadilan Sejahtera ( PKS ) sehingga sering memunculkan efek kejut pasca pencoblosan,” ungkap dia.

Menurutnya, juga berdasarkan hasil survei yang dilakukan pada 3 sampai 6 November 2020. Pasangan incumbent Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan menduduki peringkat pertama survei 28,7 persen. Diikuti Muhamad-Saraswati 20,9 persen dan Siti Nur Azizah-Ruhama Ben diurutan terendah sebesar 17 persen.

Namun begitu, para paslon dan tim pemenangan calon, juga mesti mencermati adanya lompatan elektabilitas oleh pasangan calon Siti Nur Azizah-Ruhama Ben dari 1,5 persen di bulan Maret menjadi 17 persen di bulan November.

“Lompatan kedua disusul pasangan Muhama-Rahayu Saraswati sebesar 6 persen dan pasangan Benyamin Davnie-Pilar Saga justru mengalami perlambatan elektabilitas yang kemungkinan dipengaruhi tercapainya titik optimum basis pemilih loyalnya dengan 16 persen di bulan Maret dan 28,7 persen di bulan November,” jelas dia.

RSRC menerangkan, survei tersebut dilakukan pada 3 hingga 6 November 2020. Dengan sampel sebanyak 400 responden yang diperoleh berdasarkan metode Multi Stage Random Sampling, dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of eror 5 persen.

Berita terkait: