Surut dalam Sehari, Anies Apresiasi 16.000 Petugas yang Siaga Tangani Banjir

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi para petugas yang menangani banjir sehingga bisa surut dalam waktu sehari.

Anies mengakui kesiapan dan kesigapan sekitar 16.000 petugas membuat banjir akibat hujan ekstrem yang terjadi Sabtu (20/2/2021) dini hari, tuntas ditangani dalam sehari.

“Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada 16.000 petugas Pemprov DKI yang bekerja nonstop mengerahkan semua kekuatan untuk mengendalikan 644 pintu air, mengerahkan 1.013 pompa, termasuk 228 truk pemadam kebakaran, dan 100 truk penyiraman tanaman,” ujar Anies dalam video yang disiarkan YouTube Pemprov DKI, Selasa (23/2/2021).

Selain itu, Anies juga memberikan apresiasi kepada semua petugas bantuan pangan, bantuan kesehatan, dan sosial yang terjun langsung kepada warga yang terdampak. Tak lupa Anies berterima kasih kepada Kapolda dan jajaran Polda Metro Jaya, Pangdam Jaya dan seluruh jajaran Kodam Jaya, Pangkoops AU dan seluruh jajaran koops AU, Pangarmada 1, dan seluruh jajaran Koarmada 1, Danlantamal 3 dan jajarannya.

BACA JUGA

BPBD: Banjir di 124 Lokasi di Kota Bekasi Surut

“Mereka semua turut terlibat langsung, polisi, TNI, langsung bekerja di lapangan menyelamatkan warga Jakarta yang terdampak oleh hujan yang ekstrem itu,” ungkap Anies.

Tak lupa Anies juga berterima kasih kepada PMI, lembaga sosial, lembaga amil zakat, organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi, organisasi keagamaan, dan begitu banyak lagi. Dia juga mengucap terima kasih kepada relawan, pribadi, keluarga, dan organisasi yang turun tangan langsung memberikan bantuan, meringankan beban warga terdampak banjir.

Ekstrem
Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta memastikan seluruh genangan pascahujan ekstrem telah surut. Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto, menyampaikan penanganan genangan dan banjir hingga surut dilakukan dalam waktu satu hari.

BACA JUGA

Layani Pengungsi Terdampak Banjir, DKI Buka Dapur Umum di GOR Otista

“Hari Senin dini hari pukul 03.00 pagi tadi dipastikan 100% sudah surut. Kami ingin sampaikan terima kasih, apresiasi, kepada seluruh jajaran lintas OPD di lingkungan Pemprov DKI Jakarta, TNI-Polri, PMI, organisasi kemasyarakatan yang terlibat langsung dalam upaya menyelamatkan dan mengurangi beban saudara-saudara kita yang terdampak oleh hujan ekstrem akhir pekan lalu,” ujar Sabdo.

Berdasarkan data BPBD DKI Jakarta, saat ini seluruh warga yang mengungsi telah kembali ke rumah. Kendati demikian, lanjut Sabdo, Pemprov DKI Jakarta masih menyiagakan fasilitas tenda dan kebutuhan pangan bagi warga terdampak selagi proses pembersihan tempat tinggal berlangsung.

Seperti diketahui, pada Sabtu dini hari, Jabodetabek menerima curah hujan di atas 150 mm/hari. Untuk wilayah Jakarta, kategorinya ekstrem yakni sampai 226 mm/hari. Sabdo juga menuturkan, BPBD DKI Jakarta telah membuat rekap data penanganan kejadian banjir besar di Jakarta dari tahun ke tahun yang merujuk pada intensitas curah hujan tinggi/ekstrem, seperti yang terjadi pada tahun lalu dengan curah hujan 377mm/hari.

“Data yang ditampilkan adalah data yang merepresentasikan kejadian banjir besar di Jakarta,” imbuh Sabdo.

Berita terkait: