Suporter PSM Mulai Pesimistis Shopee Liga 1 2020 Bakal Berlanjut

Bola.com, Makassar – Klub-klub peserta memang telah sepakat melanjutkan Shopee Liga 1 2020 mulai 1 November mendatang. Tetapi, tanpa adanya izin keramaian dari kepolisian tak mungkin rencana itu bakal terwujud.

Situasi tersebut membuat suporter PSM Makassar mulai pesimistis kompetisi kasta tertinggi di tanah air itu, bakal kembali bergulir setelah terhenti pada pertengahan Maret lalu akibat pandemi virus corona.

Hal itu diungkap Sul Daeng Kulle, Presiden Red Gank, kelompok suporter PSM kepada Bola.com, Sabtu (17/10/2020). Sul Daeng Kulle merujuk keputusan sejumlah klub yang justru meliburkan pemainnya pada saat rencana jadwal lanjutan Liga 1 2020 kian dekat.

“Saya juga mendapat kabar PSM sudah bersiap meninggalkan Yogyakarta,” ujar Sul Daeng Kulle.

Berkaca pada situasi ini, Sul Daeng Kulle meminta PSSI sebagai otoritas tertinggi sepak bola di Tanah Air dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, secepatnya membuat keputusan yang mengikat.

“Secara pribadi, saya menilai lebih baik kalau Shopee Liga 1 2020 tak dilanjutkan lagi. Apalagi 2020 tinggal dua bulan lagi. Sebaiknya dihentikan dan klub dipersilahkan melakukan persiapan menatap Liga 1 2021,” tegas Sul Daeng Kulle.

Sul Daeng Kulle menambahkan, pihak PSSI dan PT LIB sebaiknya terlebih dulu memastikan bahwa tak ada lagi kendala, termasuk perizinan sebelum mengumumkan pegelaran kompetisi.

“Jangan seperti yang terjadi saat ini. Klub sudah melakukan persiapan tetapi tiba-tiba kompetisi tertunda karena tak mendapat izin dari Polri,” papar Sul Daeng Kulle.

 

Memulai Musim Depan pada Januari 2021

_Timnas_Indonesia__U 19__Shin_Tae yong__Piala_Dunia_U 20_2021
Kolase – Timnas Indonesia, U-19, Shin Tae-yong, Piala Dunia U-20 2021 (Bola.com/Adreanus Titus)

Sul Daeng Kulle menyarankan PT Liga Indonesia Baru memutar kompetisi musim depan pada Januari 2021. Ia yakin dengan persiapan adminitrasi yang baik, kompetisi baru bisa digelar.

Terkait status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20, Sul Daeng Kulle menilai tak memengaruhi kompetisi.

“Kan saat Piala Dunia U-20 digelar, kompetisi bisa dihentikan sementara. Kalau dimulai Januari, saat Piala Dunia U-20 digelar, seluruh partai pada putaran pertama sudah dimainkan,” kata Sul Daeng Kulle.

Markas PSM Musim Depan

suporter psm mulai pesimistis shopee liga 1 2020 bakal berlanjut
Suporter PSM Makassar kecewa besar tim kesayangannya meraih gelar Liga 1 2018 sekalipun Tim Juku Eja meraih kemenangan telak 5-1 atas PSMS di Stadion Andi Mattalatta, Mattoangin, Minggu (9/12/2018). (Bola.com/Abdi Satria)

Andai Shopee Liga 1 2021 jadi digelar pada Januari, PSM dipastikan tak lagi bermarkas di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin yang rencananya mulai direnonasi akhir bulan ini. Sul Daeng Kulle pun berharap PSM memilih Stadion Gelora Delta Sidoarjo sebagai markas sementara.

“Saya tak yakin manajemen PSM dan Pemkot Pare Pare bisa menyulap Stadion Gelora Mandiri menjadi tempat yang layak buat pertai Liga 1 2021. Jadi, sebaiknya manajemen PSM bermarkas di Sidoarjo bukan Balikpapan,” papar Sul Daeng Kulle.

Pemlihan Stadion Gelora Delta Sidoarjo berdasarkan sejumlah pertimbangan. Selain memenuhi kelayakan dari sisi sarana dan fasilitas, akses buat suporter yang ingin mendukung PSM lebih terjangkau dari Makassar.

“Suporter PSM yang berdomisili di Jawa dan sekitarnya juga bisa menggunakan bus dan kereta api ke Sidoarjo. Biaya hidup di Sidoarjo pun lebih murah dibandingkan Balikpapan,” pungkas Sul Daeng Kulle.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Berita terkait: