Studi: Bekerja Bikin Perempuan Tunda Penurunan Daya Ingat di Masa Tua

– Perempuan yang bekerja bisa mengalami penundaan penurunan daya ingat di masa tua. Hal ini dinyatakan dalam sebuah studi yang diterbitkan pada jurnal medis American Academy of Neurology.

Melansir dari Today , perempuan yang berkerja dengan atau tanpa anak memiliki tingkat penurunan daya ingat atau memori yang lebih lambat setelah usia 60 tahun dibandingkan perempuan yang tidak bekerja. Bekerja dalam hal ini adalah pekerjaan yang mendapatkan gaji.

Perempuan yang memiliki anak, mendapatkan manfaat lebih tinggi bahkan ketika mereka berhenti bekerja selama bertahun-tahun.

“Secara umum, bekerja lebih baik daripada tidak bekerja untuk kesehatan kognitif,” kata Erika Sabbath, rekan penulis studi dan profesor di School of Social Work di Boston College.

Baca Juga: Hasil Penelitian: Menulis Tangan Membuat Daya Ingat Lebih Kuat

“Seringkali ketika kita berpikir tentang pekerjaan, kita hanya memikirkan bahayanya seperti stres dan ketegangan fisik. Tapi ada banyak manfaat nyata yang bisa diperoleh dari bekerja,” imbuhnya.

Manfaat potensial dari sebuah pekerjaan adalah keterlibatan sosial dan stimulasi intelektual yang dikenal dapat menjadi pelindung terhadap penurunan kognitif. Aspek lainnya adalah keamanan finansial yang memberikan ketenangan pikiran.

Ilustrasi wanita karir.
Ilustrasi wanita karir.

Temuan ini didasarkan pada data dari 6.189 perempuan yang berusia rata-rata 57 tahun pada awal penelitian. Saat mereka diikuti selama sekitar 12 tahun, para wanita secara mendapatkan tes memori atau daya ingat.

Para peneliti menemukan bahwa perempuan yang bekerja dengan gaji mengalami tingkat penurunan daya ingat yang lebih lambat daripada yang tidak bekerja, perbedaannya bisa mencapai 50 persen.

Baca Juga: Tunda Penuaan dan Tingkatkan Daya Ingat, Konsumsi Bunga Telang!

Berita terkait: