Stadion Pembuka dan Penutup Piala Dunia U-20 Tunggu Keputusan FIFA

Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot Dewa Broto menilai usulan stadion sepakbola yang akan menjadi tuan rumah pada laga pembuka dan penutup pertandingan Piala Dunia U-20 tahun 2021 masih harus menunggu rapat dengan Federasi Sepakbola Dunia (FIFA).

Sebelumnya Menpora sekaligus Ketua Indonesia FIFA U-20 World Cup 2021 Organizing Committee (INAFOC), Zainudin Amali mengusulkan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) sebagai laga pembuka Piala Dunia U-20 tahun 2021. Hal itu dikarenakan dari hasil kunjungan dan pantauannya bersama Wakil Ketua INAFOC sekaligus Waketum PSSI, Iwan Budianto, mereka menilai persiapan kota Surabaya serta fasilitas penunjang lainnya yang paling siap dan akan rampung tepat waktu.

BACA JUGA

Keppres Piala Dunia U-20 Terbit, Menpora Langsung Gerak Cepat

Melihat keseriusan kota Surabaya, direncanakan untuk berkoordinasi dengan FIFA guna merekomendasikan kota Surabaya, sebagai lokasi opening Piala Dunia U-20.

“Stadion Gelora Bung Tomo sebagai laga pembukaan, itu baru sekedar usulan pak Menpora saja. Kan boleh kalau hanya mengusulkan. Wajar kita kan tuan rumah. Sementara untuk laga penutupan belum ada usulan, apakah di GBK (Gelora Bung Karno) di Jakarta atau tempat lain. Usulan ke FIFA belum ditentukan kapan, karena memang belum dijadwalkan. Tidak harus tunggu sampai stadion selesai direnovasi. Kami menunggu arahan dari FIFA saja, kan memang belum bertemu. Nanti pasti akan ada rapat resminya dan kapan waktunya kami juga belum tahu. Ditunggu saja sambil kita persiapkan 6 stadion yang akan digunakan untuk laga Piala Dunia U-20,” ungkap Gatot ketika dihubungi SP, Minggu (20/9/2020).

BACA JUGA

Pemerintah Tegaskan Piala Dunia U-20 Tetap Digelar di Indonesia

Sementara untuk enam stadion yang akan digunakan yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion I Wayan Dipta (Bali).

“Keenam stadion itu ditunjuk oleh PSSI bersama pemerintah Indonesia dan sudah disahkan oleh FIFA termasuk tertuang didalam Instruksi Presiden (Inpres) nomor 8 tahun 2020 tentang dukungan penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup 2021,” terang Gatot.

Menurutnya saat ini pemerintah tengah fokus menjalankan tugasnya sebagai panitia pelaksana untuk merampungkan persiapan Piala Dunia U-20 termasuk menyelesaikan proses renovasi semua stadion dan pembangunan pendukung lainnya.

Berita terkait: