Sri Mulyani: Program Bantuan Presiden Rp2,4 Juta untuk UMKM Sudah Cair

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati memastikan Program Bantuan Presiden sebesar Rp2,4 juta bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sudah dicarikan. Adapun pencairan program tersebut melalui dua bank milik negara, yakni BRI dan BNI.

“Pencairan 1 juta targetnya dimulai Agustus ini terutama yang databasenya sudah ada di bank Himbara, BRI dan BNI,” kata dia di ruang rapat Komis XI DPR RI, Jakarta , Senin (24/8).

Bendahara Negara ini merincikan, pencairan dilakukan melalui BNI, sebanyak 316.472 penerima dengan nilai Rp759,5 miliar. Sedangkan melalui BRI sebanyak 683.528 penerima dengan nilai Rp1.640,5 triliun.

“Tahap awal dari 9,1 juta target sasaran, 1,2 juta segera dicairkan dan proses data collecting terus dilakukan sampai hari ini oleh Kementerian Koperasi dan UKM,” ungkapnya.

Adapun kriteria penerimanya merupakan pelaku usaha atau nasabah yang tidak memiliki kredit di perbankan ataupun lembaga keuangan lainya.

Kemudian, memiliki usaha mikro-ultra mikro, nasabah perbankan atau lembaga keuangan dengan simpanan di bawah Rp2 juta serta nasabah yang memiliki KTP dan NIK. [idr]

Berita terkait: