Solusi Ideal bagi Lansia Penderita Inkontinensia Urine

Seiring dengan meningkatnya harapan hidup penduduk Indonesia yang mencapai usia 66 tahun, maka terjadi peningkatan terhadap jumlah usia lanjut. Adapun salah satu masalah gangguan kesehatan yang banyak dialami oleh lansia adalah inkontinensia urine (IU). Untuk itu diperlukan perhatian serius dan langkah yang tepat sebagai solusi dari permasalahan ini.

Melihat meningkatnya inkontinensia urine (IU) di Indonesia, PT Softex Indonesia melalui brand Confidence memperkenalkan Confidence Adult Pants Heavy Flow, yang dihadirkan khusus untuk pengguna dengan kondisi inkontinensia berat karena memiliki daya tampung besar sebagai jawaban atas kebutuhan utama pengguna.

Inkontinensia urine (IU) merupakan salah satu gejala dalam suatu sindrom klinis berupa melemahnya otot kandung kemih sebagai penahan keluarnya urin yang kerap dialami oleh orang usia lanjut ditandai dengan pengeluaran urine tanpa disadari.

IU terdiri dari tiga tipe. Pertama , urin bocor keluar di saat stres atau terjadi tekanan di kandung kemih. Kedua, tidak dapat menahan buang air kecil ketika dorongan untuk itu muncul. Ketiga, merupakan golongan IU berat, terjadi karena kandung kemih sama sekali tidak mampu menampung urin, sehingga penderitanya tidak bisa mengontrol keluarnya urin.

Head of Marketing Adult Care PT Softex Indonesia, Nirma Sofiawati, menjelaskan, keunggulan teknologi daya serap yang besar mampu mencegah terjadinya kebocoran pada produk Confidence Adult Pants Heavy Flow.

“Kapasitas memang ditentukan oleh banyaknya urin yang keluar, namun Confidence Pants Heavy Flow memiliki kapasitas 6 kali daya serap, dimana ini diatas rata-rata popok dewasa tipe pants lainnya,” jelas Nirma, di Jakarta, Selasa (28/7/2020).

Menurut Nirma, jika penggunaan 6 kali buang air kecil dengan urin keluar per-1 kalinya normal maka tidak akan terjadi kebocoran. “Penggunaannya pun tidak perlu merasa khawatir apabila digunakan sepanjang malam,” imbuhnya.

Dengan kemampuan masa pakai yang lebih lama, lanjut Nirma, Confidence Pants Heavy Flow tidak mengakibatkan rasa gatal dan iritasi pada kulit yang disebabkan oleh bakteri, karena Confidence Pants Heavy Flow sudah teruji secara klinis dan Hypoallergenic Approved by Australian Dermatologist. Kandungan SAP Anti Bacteria yang terdapat pada Confidence Pants Heavy Flow dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gatal dan mencegah terjadinya iritasi kulit.

“Kandungan SAP Anti Bacteria berfungsi menghambat tumbuhnya bakteri, dimana mikro organisme tersebut adalah salah satu penyebab utama munculnya bau. SAP Anti Bacteria akan menghambat pertumbuhan bakteri sehingga dapat mencegah terjadinya gatal dan iritasi kulit. Penggunanya pun akan merasa lebih percaya diri dan nyaman saat menggunakan” ujar Nirma.

Selain itu, material yang digunakan untuk popok dewasa Confidence sudah masuk kedalam ketegori food grade sehingga ramah lingkungan dan aman untuk digunakan oleh manusia. Saat ini PT Softex Indonesia tengah melakukan sustainability project pada produk-produknya agar ramah terhadap lingkungan dan dapat didaur ulang menjadi sesuatu yang fungsional dan bernilai.

“Sebagai pilot project , kami sedang mencobanya pada produk popok bayi namun kedepannya kami akan apikasikan keseluruh produk PT Softex Indonesia lainnya,” tutup Nirma.

Berita terkait: