Siswa Indonesia Juara Olimpiade Matematika Tingkat Dunia

Situasi pandemi Covid-19 ternyata tidak menurunkan semangat anak bangsa untuk mengukir prestasi di kancah internasional.

Siswa kelas 12 Sekolah Kristen Ipeka BSD, Stanve Avrilium Widjaja meraih prestasi membanggakan setelah sukses meraih medali emas, masing-masing di ajang International Mathematical Olympiad (IMO) 2020 dan di Tuymaada International Olympiad (Tuymaada) 2020.

BACA JUGA

Joshua Nathanael Sabet Emas Nomor Nan Quan Junior

IMO 2020 diikuti oleh 616 orang peserta dari 105 negara, diantaranya yang menjadi kompetitor terberat yaitu Tiongkok, Rusia, dan Amerika Serikat (AS). Sedangkan Tuymaada 2020 diikuti oleh 151 peserta dari 7 negara diantaranya Rusia, Kazakstan, dan Iran.

“Merupakan sebuah kebanggaan tersendiri dapat mempersembahkan medali emas bagi Indonesia di ajang IMO 2020 dan Tuymaada 2020. Apalagi dapat bersaing dengan negara-negara kuat seperti Tiongkok, Amerika Serikat, dan Rusia pada IMO dan Tuymaada”, ujar Stanve Avrilium Widjaja dalam keterangan persnya, Sabtu (17/10/2020).

Meskipun ini adalah kali pertama Stanve mengikuti ajang IMO dan Tuymaada, penampilan perdana Stanve di IMO langsung menghasilkan Gold Medal , sementara di Tuymaada Stanve meraih Gold Medal dan Absolute Winner .

BACA JUGA

Kebutuhan Sekolah Berkualitas Masih Tinggi

Umumnya bagi peserta di negara lainnya, mereka telah mengikuti perlombaan tersebut selama dua atau bahkan tiga kali sebelum berhasil mendapatkan medali emas, sehingga pengalaman dan mental mereka sudah terbentuk secara lebih matang.

Pada IMO 2020 yang merupakan olimpiade matematika paling bergengsi di dunia, Stanve berhasil meraih medali emas sekaligus menempati peringkat 22 dunia atau yang terbaik dari seluruh peserta asal Indonesia.

Sedangkan di Tuymaada 2020, dari 21 peserta Indonesia hanya Stanve yang berhasil meraih emas. Stanve juga mendapat predikat Perfect Scorer sekaligus Absolute Winner atau Champion (peringkat pertama).

BACA JUGA

Story Telling, Cara Terbaik Bangun Kebersamaan Ibu dan Anak

Kepala Sekolah SMA Kristen Ipeka BSD, Kristhianto Nathanael Kainama, mengungkap rasa syukur atas torehan prestasi membanggakan ini.

“Kami di Sekolah Kristen Ipeka BSD sangat bersyukur pada Tuhan. Tentunya kami merasa gembira dan bangga bahwa Stanve Avrilium Widjaja berhasil meraih prestasi yang luar biasa serta mengharumkan nama Indonesia di dua event internasional yang sangat bergengsi,” ujarnya.

Menurut Kristhianto, prestasi Stanve tentunya tidak lepas dari doa, bimbingan, dan dukungan banyak pihak. “Stanve telah membuktikan, dengan semangat juang yang tinggi, kegigihan, kerja keras dan ketekunan pada bidang yang diminati akan mampu membuahkan hasil yang manis,” kata Kristhianto.

Berita terkait: