Siswa Eropa Dapat Pengecualian Larangan Pelajar Asing di AS

Pelajar asal Eropa mendapat pengecualian kebijakan larangan siswa asing tinggal di Amerika Serikat (AS) karena pandemi virus corona . Demikian Wall Street Journal melaporkan pada Kamis (17/7/2020).

Pengecualian untuk pelajar Eropa juga mencakup anggota keluarga pemegang visa di Amerika Serikat, menurut memo yang dikirim Departemen Luar Negeri AS ke Kongres.

Baca juga :  17 Negara Bagian Gugat Trump atas Kebijakan Pelajar Internasional

Pemerintahan Presiden Donald Trump sebelumnya melarang pelajar asing tetap tinggal di AS jika semua kelas di perguruan tinggi dilangsungkan secara daring atau online karena pandemi Covid-19.

“Bagi siswa aktif F-1 dan M-1 non-migran yang saat ini berada di AS dan terdaftar dalam program (kuliah online ) tersebut harus meninggalkan negara ini atau mengambil tindakan lain seperti pindah sekolah/kampus dengan sistem mengajar langsung agar tetap berstatus legal menurut hukum keimigrasian,” bunyi pernyataan Departemen Imigrasi dan Bea Cukai AS (ICE) pada Senin (6/7).

ICE menuturkan jika tidak mengindahkan aturan tersebut, para siswa asing berisiko menerima sanksi imigrasi hingga deportasi.

Perguruan tinggi dan universitas telah mulai mengumumkan rencana pembelajaran untuk semester musim gugur 2020 di tengah pandemi virus corona