SIRCLO Akuisisi Orami

SIRCLO mengumumkan akuisisi Orami, platform parenting yang menggabungkan Commerce, Content, dan Community dalam satu aplikasi. Kedua perusahaan memanfaatkan kekuatannya di bidang teknologi guna menyediakan layanan digital dari hulu ke hilir (end-to-end) kepada brands dari berbagai skala yang semakin komprehensif guna meningkatkan visibilitas, memperluas kategori produk, hingga menjangkau konsumen lebih banyak.

Melalui akuisisi ini, brands yang bekerja sama dengan SIRCLO dapat fokus pada aspek strategis bisnis saat terjun ke kanal e-commerce dan menyerahkan pengelolaan penjualannya kepada SIRCLO melalui solusi omnichannel yang dihadirkan.

Kesepakatan ini menggabungkan dua perusahaan yang sudah melayani lebih dari 100.000 brands dari skala Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) hingga multinasional, serta menjangkau jutaan konsumen di 34 provinsi Indonesia. Brian Marshal, Founder dan Chief Executive Officer (CEO) SIRCLO mengatakan, aksi korporat ini dapat memperluas layanan enabler yang ditawarkan oleh SIRCLO untuk pemilik merek yang ingin memasuki pasar online.

“Orami memiliki situs belanja online yang memfasilitasi brands ternama dalam menjual produk kebutuhan ibu dan anak. Di sini, kami punya misi untuk menggabungkan kekuatan dalam membantu brands berjualan online dengan lebih strategis, terukur dan efisien,” jelas Brian.

SIRCLO membantu brands berjualan online melalui ragam solusi, seperti SIRCLO Store bagi UMKM dan SIRCLO Commerce bagi enterprise brands untuk memasuki jalur distribusi online.

Pada tahun 2020, SIRCLO mencatat lonjakan transaksi hingga 4x lipat yang didukung oleh perubahan perilaku konsumen selama pandemi COVID-19. Pengelolaan keuangan yang efisien membuat SIRCLO berada di posisi yang profitable secara operasional di akhir tahun 2020, dan dengan omset gabungan mencapai Rp3.3 Triliun.

Perlu diketahui, Orami menjadi e-commerce vertical yang paling banyak dikunjungi di Indonesia dengan jumlah pengguna aktif lebih dari 5 juta per bulan.

“Kami melihat sinergi ini sebagai peluang yang sangat besar untuk mengakselerasi pertumbuhan Orami, serta di saat yang sama, juga dapat terus mengakomodasi kebutuhan brands maupun konsumen. Kemampuan Orami menjangkau konsumen secara luas selaras dengan yang selama ini telah dilakukan SIRCLO sebagai e-commerce enabler dengan infrastruktur dan jaringan ritel yang kuat. Banyak sekali potensi luar biasa yang bisa dieksplor, sehingga kami sangat senang bisa bergabung di keluarga besar SIRCLO,” ujar Ferry Tenka, CEO Orami.

“Akuisisi Orami oleh SIRCLO adalah langkah strategis yang akan mengakselerasi kemampuan SIRCLO untuk melayani brand owner dan UMKM dengan lebih baik. SIRCLO berada di waktu dan posisi yang tepat di kancah transformasi digital. Kami menunggu gebrakan-gebrakan dari tim gabungan ini,” kata Willson Cuaca, Co-Founder dan Managing Partner di East Ventures.

Secara keseluruhan, penggabungan kedua perusahaan bertujuan untuk menjadi motor pemberdayaan bagi brands dari berbagai skala. Brands dapat berfokus pada pengembangan produk, sedangkan SIRCLO memperkuat proses penjualan end-to-end.

Aksi akuisisi Orami oleh SIRCLO akan menggabungkan hampir 1000 karyawan, di mana Orami akan terus beroperasi sebagai entitas mandiri yang terintegrasi dengan layanan yang ditawarkan SIRCLO. Ferry Tenka selaku CEO Orami akan mengambil posisi baru sebagai Chief Marketing Officer SIRCLO dan Hendrawan Kartika (President Orami) sebagai Chief Financial Officer SIRCLO.

Berita terkait: