Serakah, Mafia Tanah Tak Peduli Korbannya Tiba-tiba Jatuh Miskin

Sindikat atau mafia tanah merupakan kumpulan orang-orang serakah yang tak peduli korbannya mendadak miskin karena kehilangan hak atas tanah dan bangunan. Mereka adalah golongan manusia yang tidak punya standar moral.

Penilaian tersebut diungkapkan gamblang dan tegas oleh Dino Patti Djalal , Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat pada 2010-2013 dan Wakil Menteri Luar Negeri pada 2014.

Seperti diberitakan, ibunda Dino, Zurni Hasyim Djalal menjadi korban mafia pemalsu sertfikat tanah sehingga kepemilikan atas tanah beralih ke orang lain begitu saja tanpa proses jual beli.

Dino tak tinggal diam. Ia menelusuri jejak kotor para pelaku dan kemudian melaporkannya ke Polda Metro Jaya serta mengungkapkannya di media sosial.

“Sadarlah kita menghadapi orang-orang (mafia tanah) yang tidak mempunyai standar moral. Kita menghadapi orang-orang yang sangat serakah,” kata Dino dalam wawancara khusus dengan , di Jakarta, Sabtu (20/2/2021).

BACA JUGA

Usut Mafia Tanah, Polisi Gandeng Interpol Buru Pemalsu Sertifikat

Dino yang pernah menjabat juru bicara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini, mengatakan, mafia tanah tidak peduli siapa yang akan menjadi korbannya, apakah korban berasal dari masyarakat biasa, miskin, maupun golongan orang mampu sekali pun.

“Mereka tidak peduli siapa yang jadi korban, apa jadi miskin dan menderita. Kalau mereka peduli hanya pura-pura saja,” ucap Dino.

Pernyataan Dino sangat masuk akal. Bisa dibayangkan kondisi korban penipuan mafia yang tiba-tiba kehilangan tanah dan bangunan yang adalah hak miliknya dalam sekejap. Tanah sudah beralih ke tangan orang lain padahal korban tidak merasa menjual atau mengalihkan kepemilikan.

Bagi keluarga muda, penipuan semacam ini sangat megguncang, apalagi bagi mereka yang sudah berusia senja yang nota bene kebanyakan sudah menempati tanah dan bangunannya seumur usia mereka.

Korban bisa saja mendadak sakit karena rasa kehilangan dan kekecewaan yang menganggu kejiwaan. Penderitaan semacam ini tentu tidak terlintas di benak mafia tanah.

BACA JUGA

Ini Modus Mafia Tanah Caplok Sertifikat Rumah Keluarga Dino Patti Djalal

Tidak sampai di situ. Keserakahan mafia tanah ini sangat terlihat dari pola mereka yang berusaha keras mendapatkan keuntungan secara ilegal. Dino mengingatkan, mafia tanah merupakan sekelompok orang yang sangat paham, lihai, dan mengerti sistem pengurusan tanah.

Komplotan mafia tanah tak segan menyerang balik korban yang melawan. Mereka biasanya akan membawa ke jalur hukum karena yakin bakal menang. Pasalnya, mereka diduga kuat sudah memiliki kaki tangan guna mengendalikan proses hukum dan memenangi perkara.

Mereka juga sangat paham hukum dan memiliki seribu satu cara untuk masuk mencari celah hukum demi memenangi perkara.

Berita terkait: