Sepak Bola Indonesia Menggeliat Lagi, Joko Susilo Ingin Semua Pihak Jaga Komitmen

Bola.com, Jakarta – Sepak bola Indonesia mulai menggeliat lagi. Sinyal itu tampak dari izin yang diberikan Polri atas digelarnya Piala Menpora sebagai turnamen pramusim bagi klub-klub Liga 1.

Mantan Pelatih dan Direktur Teknik Persik 2020, Joko Susilo, berharap para pelaku sepak bola bisa mematuhi aturan yang disepakati supaya sepak bola benar-benar bisa hidup, tidak lagi disetop lagi.  

“Poin pertama paling krusial telah dikantongi PSSI dan PT LIB, yakni izin dari Polri. Meskipun izin itu masih sebagai test case untuk Piala Menpora. Tapi ini merupakan kabar yang sangat menyenangkan bagi pelaku sepak bola Indonesia,” kata Joko Susilo, Minggu (21/2/2021). 

Selanjutnya, tutur pria yang akrab disapa Getuk ini, mengatakan kelangsungan sepak bola tergantung stakeholder.

“Jika semua yang terlibat menjaga komitmen untuk mematuhi aturan Pemerintah dan Polri terkait Prokes COVID-19 saat turnamen nanti, saya yakin kompetisi di semua level pun akan bisa berjalan. Saya berharap kita bisa melewati ujian yang diberikan Polri tersebut,” ujarnya.

Mantan Pelatih dan Direktur Teknik Persik 2020 ini juga sadar pergelaran turnamen Piala Menpora dan kompetisi Liga 1 nanti tak bisa berjalan mulus seperti masa sebelum pandemi COVID-19.

 

Jangan Berharap yang Muluk-muluk

sepak bola indonesia menggeliat lagi, joko susilo ingin semua pihak jaga komitmen
Mantan pelatih Arema, Joko Susilo. (Bola.com/Iwan Setiawan)

“Jadi saya berharap insan sepakbola nasional sejak dini menyadari agenda tahun ini masih jauh dari ideal dibanding musim-musim sebelumnya. Jadi mereka jangan berharap yang muluk-muluk dulu. Yang penting bagaimana sepak bola bisa bangkit lagi,” ucapnya.

Ketidaknormalan itu, papar Getuk, seperti kondisi finansial klub sebagai penopang roda organisasi. “Saya yakin saat ini klub sedang mengalami krisis. Ini akan berpengaruh pada kontrak pelatih dan pemain, juga operasional klub. Maka saya sarankan semua pihak menyadari berbagai kendala yang mungkin dihadapi nanti,” jelasnya.

Joko Susilo juga menyorot atmosfer permainan di lapangan. “Semua pemain hampir setahun tak berkompetisi. Ini akan berdampak pada gereget turnamen. Tapi saya yakin pelan-pelan atmosfer akan kembali seperti semula,” kata Joko Susilo. 

“Semua butuh proses untuk mencapai titik ideal. Mari kita jaga bersama marwah sepakbola dengan menjaga kepercayaan yang diberikan Pemerintah dan Polri,” pungkasnya. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Berita terkait: