Semilir, Finalis Kreatif Lokal Award Raup Rp50 Juta/Bulan dari Karya Ramah Lingkungan

Kreatif Lokal Award 2020, bagian dari Festival Kreatif Lokal 2020, kini memasuki tahap akhir. Hari ini, telah dilakukan penjurian sesi pertama untuk finalis di kategori Fashion, Pertunjukan dan Fotografi.

Salah satu finalis dari kategori Fashion yang menarik perhatian dengan ide unik dan berkelanjutan ialah UMKM Semilir. UMKM ini memproduksi produk fashion seperti tas, baju hingga dompet dengan motif daun alami yang dicetak langsung dengan metode ecoprint.

“Kami ingin memberi angin segar untuk wanita perkotaan melalui fashion dengan teknik ecoprint,” ujar Alfira Oktaviani, perwakilan UMKM Semilir dalam tayangan penjurian Kreatif Lokal Award 2020 di vidio.com, Minggu (18/10).

Untuk segmen pasarnya, Semilir menyasar wanita kalangan menengah atas usia 20 hingga 60 tahun di kota besar yang menyukai produk handmade, lokal dan ramah lingkungan agar mereka dapat menikmati suasana alam di kota. Proses produksi kriya mereka juga memperhatikan lingkungan dan memberdayakan ibu-ibu di wilayah Semilir dibangun.

Omzetnya sendiri cukup menggiurkan. “Sebelum pandemi Corona, kami mendapatkan omzet sekitar Rp 50 juta per bulan,” katanya.

Dalam rencana yang lebih besar, Alfira ingin agar Semilir bisa berkembang dan menjadikan wilayah tempat kerajinan Semilir dibuat sebagai Desa Pengrajin Ecoprint yang turut membentuk ekosistem usaha di sana.

Untuk mewujudkan hal itu, dirinya mengikuti ajang Lokal Kreatif Award 2020 dan bersaing dengan beberapa kontestan yang lain. Selain Semilir, terdapat pula UMKM produk fashion kerajinan kulit, Ezmour dan UMKM produk pakaian anak bebas plastik, Balabalabear.

Hadiah Pemenang Kreatif Lokal Award 2020

kreatif lokal award 2020

Festival Kreatif Lokal 2020 sendiri ialah kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Adira Finance bekerjasama dengan Kemenparekraf RI bertemakan #BangkitBersamaSahabat yang diadakan mulai Agustus 2020 hingga Januari 2021 mendatang.

Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan Adira Finance terhadap program Kemenparekraf RI #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia. Para pemenang Kreatif Lokal Award 2020, akan diumumkan pada 13 November 2020, bertepatan dengan malam perayaan HUT ke-30 Adira Finance.

Mereka akan berhak mendapatkan modal usaha dengan nilai total hadiah ratusan juta rupiah , business coaching dan pendampingan usaha dari Kemenparekraf, serta eksposure di media massa.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6

Baca juga:
Daftar 18 Finalis Ajang Kreatif Lokal Award 2020
Strategi Kemendag Dorong UMKM Go Internasional
BPJPH-LPPOM MUI Jalin Kerja Sama Fasilitasi Sertifikasi Halal Pelaku UMK
Masyarakat Kelas Menengah Atas Diminta Belanja Produk UMKM Lokal
Dukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia, Kemendag Bantu Berdayakan UMKM Jawa Tengah
Anies Ajak Pengusaha Mikro Manfaatkan Digital Agar Roda Bisnis Tetap Bergerak
Intip Pembuatan Miniatur Pesawat di Cibinong yang Sudah Tembus Pasar Dunia

Berita terkait: