Sembuh dari Covid-19, Rektor USU Imbau Dosen Periksa Kesehatan

Setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19 pada Sabtu akhir pekan lalu, Rektor Universitas Sumatera Utara (USU), Runtung Sitepu mengimbau, dosen maupun pegawai di Kampus USU supaya memeriksa kondisi kesehatan diri dari ancaman virus corona. Kampus USU dari seluruh kegiatan/aktivitas terhitung 27 Juli sampai 1 Agustus 2020.

“Petugas kesehatan di kampus bersama dengan Rumah Sakit (RS) USU sudah melakukan koordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, untuk melakukan testing, tracing dan treatment (3T) secara masif terhadap orang – orang yang melakukan kontak erat,” ujar Runtung Sitepu, Minggu (26/7/2020).

Runtung mengatakan, upaya penutupan kampus karena semakin banyak dosen USU yang dinyatakan positif Covid-19, bahkan ada yang meninggal dunia. Oleh karena itu, demi keselamatan bersama keluarga besar USU, Runtung Sitepu tidak mengizinkan adanya aktivitas di dalam kampus selama ditutup. Pegawai tetap bekerja dari rumah secara daring.

“Kita akan melakukan koordinasi dengan pihak gugus tugas sebelum membuka dan melaksanakan kegiatan di kampus pada 2 Agustus 2020 nanti. Sebelum melakukan aktivitas, seluruh ruangan di dalam gedung harus disemprot disinfektan. Penyemprotan ini memang sudah dilakukan. Kita lihat perkembangan ke depan,” katanya.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, Aris Yudariansyah menyampaikan, pihaknya bersama dengan petugas kesehatan di Kampus USU masih melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah pegawai maupun dosen yang memiliki riwayat kontak erat dengan dose yang terpapar virus corona.

“Proses 3T itu diawali dengan pemeriksaan anggota dari keluarga dosen yang dinyatakan positif Covid-19. Mereka dinyatakan positif berdasarkan pemeriksaan dengan menggunakan metode polymerase chain reaction (PCR). Tenaga kesehatan juga melakukan pemeriksaan terhadap pegawai perkantoran di tempat lain,” sebutnya.  

Berita terkait: