Selama Ini Tak Pernah Marah, Tragedi Ini Bikin Syekh Ali Jaber Murka Hingga Menangis

Syekh Ali Saleh Mohammed Ali Jaber atau lebih dikenal dengan sapaan Syekh Ali Jaber , merupakan ulama kelahiran Madinah yang telah berkewarganegaraan Indonesia. Ia menjadi pejuang AlQuran yang dikenal sangat santun dan baik hati.

Selama menjadi ulama besar di Tanah Air, perangainya selalu rendah hati dan nampak sederhana. Kecintaannya terhadap Islam begitu terpancar. Hingga tak pernah tersorot amarah pada sosok Syekh Ali Jaber.

Namun, ada suatu tragedi atau peristiwa besar yang membuat Syekh Ali Jaber marah hingga menangis. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Sedih & Berduka 6 Laskar FPI Ditembak Mati

Melalui video yang diunggah oleh channel YouTube YSAJ TV dan laman Instagram pribadi akun @syekh.alijaber. Syekh Ali Jaber menyampaikan bela sungkawa atasinsiden penembakan terhadap enam anggota FPI pada Senin (7/12/2020) dini hari lalu.

Sebuah video berdurasi kurang dari lima menit, ia ikut berduka dan berbela sungkawa secara langsung kepada FPI, Habib Rizieq Syihab, beserta keluarga enam anggota FPI. Sebelumnya, video tersebut diawali dengan ceramah yang berkaitan dengan kematian umat Islam.

“Saya turut berduka cita kepada keluarga besar FPI, khususnya kepada guru tercinta Al Habib Muhammad Rizieq Syihab dan lebih khusus lagi kepada keluarga saudara-saudara kami yang ditembak mati.” kata Syekh Ali Jaber.

Ingatkan Pesan Nabi Muhammad Umat Islam Jangan Saling Membenci

tragedi ini bikin syekh ali jaber murkachannel YouTube YSAJ TV ©2021

Tak lupa Syekh Ali Jaber memanjatkan doa bagi enam anggota FPI yang menjadi korban dalam penembakan oleh aparat kepolisian . Insiden tersebut disebut oleh Syekh Ali sebagai suatu musibah bagi umat Islam.

“Dan mudah-mudahan mereka diterima di sisi Allah SWT sebagai syuhada. Mudah-mudahan dengan kejadian musibah ini, kita selalu berdoa. Ya Allah, sempurnakan pahala bagi kami terhadap musibah ini dan ganti yang lebih baik,” ucap Syekh Ali.

Tentu saja peristiwa yang memakan korban hingga tewas, menjadi kabar miris bagi banyak pihak. Kenang kisah Nabi Muhammad SAW yang selalu menjaga persaudaraan setiap golongan.

“Janganlah kalian saling membenci, mendengki, membelakangi…” (HR. Al-Bukhari).

Syekh Ali Jaber Menangis

Insiden penembakan di Kilometer 50 jalan Tol Jakarta -Cikampek lantas membuat Syekh Ali Jaber turut prihatin. Menurutnya, peristiwa mengerikan itu seharusnya tidak terjadi, jika diawali dengan dialog yang baik dari berbagai pihak. Hal itu juga menjadi sorotan oleh Syekh Ali bagi umat Islam dan pihak terkait.

tragedi ini bikin syekh ali jaber murkachannel YouTube YSAJ TV ©2021

“Semoga mereka ini diterima di sisi Allah sebagai syuhada dan keluarganya diberikan oleh Allah kesabaran dan keikhlasan dalam menerima ujian ini. Mudah-mudahan dengan kejadian ini kita bisa mengambil hikmah dan pelajaran jangan sampai terpancing emosi dan timbul fitnah yang lebih besar. Mari kita sama-sama menyatukan dan merapatkan shaf kita. Bersama-sama mencari solusi melalui komunikasi dan dialog yang baik,” tuturnya yang sedih.

Pesan Kepada Aparat Penegak Hukum

Bukan hanya memberi pesan bagi umat Islam, supaya tidak mudah terpancing emosi. Syekh Ali Jaber menyoroti peran aparat penegak hukum untuk menuntaskan masalah hukum yang menjerat pihak-pihak tertentu. Hingga ke akar masalahnya.

Menurutnya, pihak kepolisian harus berlaku adil terhadap siapa pun yang terlibat. Jangan sampai membuat bingung, yang benar menjadi salah begitu pun sebaliknya.

“Dan saya harap aparat penegak hukum agar menjalankan keadilan yang sebenar-benarnya dan juga menjalankan keadilan sosial ke seluruh rakyat Indonesia, jangan sampai insiden ini membuat masyarakat kebingungan malah yang batil menjadi haq, yang haq menjadi batil,” papar Syekh Ali.

Harapan Syekh Ali Jaber

tragedi ini bikin syekh ali jaber murkachannel YouTube YSAJ TV ©2021

Pengusutan masalah, bertujuan untuk mendapatkan motif sebenarnya dari pihak yang bertanggung jawab. Terakhir, Syekh Ali Jaber melontarkan harapannya. Ia tak ingin insiden serupa akan terulang kembali di masa yang akan datang.

“Saya harap mudah-mudahan dengan kejadian ini bisa terbongkar motifnya dan juga bisa menjalankan hukum seadil-adilnya terhadap orang yang terlibat dalam kasus ini. Mudah-mudahan tidak sampai terulang lagi, semoga kita semua diampuni oleh Allah,” pungkas Syekh Ali.

Berita terkait: