Sekda DIY Dicecar KPK Soal Penyimpangan Proyek Stadion Mandala Krida

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencecar Sekretaris Daerah (Sekda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kadarmanta Baskara Aji mengenai penyimpangan pekerjaan para subkontraktor proyek pembangunan stadion Mandala Krida yang menggunakan anggaran APBD Yogyakarta tahun 2016-2017. Hal ini dilakukan tim penyidik saat memeriksa Kadarmanta sebagai saksi kasus dugaan korupsi proyek Stadion Mandala Krida, Senin (22/2/2021).

Materi yang sama didalami penyidik saat memeriksa lima saksi lainnya, yakni PNS pada Biro Pengembangan Infrastruktur Wilayah dan Pembiayaan Pembangunan Sekretariat Daerah DIY Gutik Lestarna; Kepala Studio PT Arsigraphi, Eka Yulianta; Direktur III CV Reka Kusuma Buana, Paidi; dan Direktur PT Eka Madra Sentosa Ahmad Edi Zuhaidi; serta Direktur Utama PT Cipta Baja Trimatra Hendrik Gosal.

BACA JUGA

KPK Sita Dokumen Proyek Stadion Mandala Krida Yogyakarta

“Para saksi didalami pengetahuannya terkait dengan dugaan adanya penyimpangan dalam pelaksanaan pekerjaan oleh para subkontraktor yang mengerjakan pembangunan stadion Mandala Krida APBD Tahun Anggaran 2016-2017 di pemerintah Provinsi DI Yogyakarta,” kata Plt Jubir KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Senin (22/2/2021) malam.

Penyidik sedianya memeriksa dua saksi lainnya, yaitu Komisaris PT Bimapatria Pradanaraya Bima Setyawan dan seorang bernama Agus Setijadi. Namun, kedua saksi tidak memenuhi panggilan pemeriksaan penyidik KPK.

“Yang bersangkutan mengonfirmasi untuk hadir pada Selasa (23/2/2021), yaitu saksi Bima Setyawan dan saksi Agus Setijadi, yang bersangkutan mengonfirmasi untuk dilakukan penjadwalan ulang,” kata Ali.

Diketahui, KPK sedang mengusut kasus dugaan korupsi proyek pembangunan stadion Mandala Krida Yogyakarta pada APBD tahun anggaran 2016-2017. Bahkan, penanganan kasus ini telah ditingkatkan ke tahap penyidikan.

Seiring dengan ditingkatkannya penanganan perkara ke tahap penyidikan, KPK disebut telah menetapkan tersangka dalam kasus ini. Namun, Ali mengaku belum dapat menyampaikan informasi lebih rinci mengenai kasus ini, termasuk mengenai pihak yang telah menyandang status tersangka. Hal ini lantaran masih terdapat serangkaian kegiatan penyidikan.

Berita terkait: