Satgas BUMN Kotawaringin Barat gencarkan kampanye penggunaan masker

Pangkalan Bun – Satuan Tugas Penanggulangan COVID-19 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, terus mengampanyekan penggunaan masker sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Ketua Satgas Penanggulangan COVID-19 Kotawaringin Barat (Kobar) Gatra di Pangkalan Bun, Ahad, menyebutkan salah satu kegiatannya adalah mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menggunakan masker saat beraktivitas di tengah pandemi.

“Hal ini juga merupakan bagian dari kampanye aktivitas adaptasi kebiasaan baru (AKB),” katanya.

Baca juga: Ikut bersihkan sampah, warga Sidoarjo-Jatim diberi masker gratis

Penggunaan masker masih menjadi cara paling tepat mencegah penyebaran COVID-19serta penerapan protokol kesehatan lainnya, seperti menjaga jarak fisik dan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir.

Gatra yang juga merupakan Kepala PT Telkom Pangkalan Bun menjelaskan bahwa sasaran pembagian masker kali ini di kawasan Pasar Indrasari Pangkalan Bun.

Sesuai dengan instruksi Kementerian BUMN, pembagian masker di sejumlah lokasi strategis yang banyak terjadi interaksi masyarakat, meliputi kawasan pasar tradisional dan terminal.

Sementara itu, Wakil Ketua Satgas Penanggulangan COVID-19 BUMN Kotawaringin Barat Ruliansyah mengatakan bahwa kampanye penggunaan masker dan edukasi penerapan protokol kesehatan tidak hanya secara langsung, tetapi juga daring.

“Hal itu untuk memperluas jangkauan kampanye dan edukasi penerapan protokol kesehatan, serta upaya penerapan jarak fisik maupun meminimalkan terjadinya kontak langsung,” tuturnya.

Baca juga: Masker jangan dimanfaatkan berpolitik di masjid, sebut Bawaslu Kepri

Ruliansyah yang juga Pimpinan BNI Cabang Pangkalan Bun menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah berhenti mengajak masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan sehingga meminimalkan potensi penyebaran COVID-19.

Ia menyebutkan masker yang dibagikan kali ini sebanyak 600 lembar, terdiri atas 500 masker donasi Askrindo dan 100 masker donasi Telkom Kalteng. Pembagian masker dilakukan milenial dari sinergi BUMN Kobar.

Berita terkait: