Santos ke final Copa Libertadores usai taklukkan Boca Juniors 3-0

Jakarta – Santos memastikan pertandingan sesama klub Brazil untuk babak final Copa Libertadores seusai mengalahkan Boca Juniors 3-0 di leg kedua semifinal, Rabu.

Di final, Santos akan menghadapi Palmeiras yang sebelumnya menaklukkan River Plate pada semifinal lainnya, Selasa. Babak penentuan kompetisi yang setara dengan Liga Champions Amerika Selatan itu akan digelar di Stadion Maracana Rio de Janeiro, 30 Januari.

Setelah hanya bermain imbang 0-0 pada leg pertama di Buenos Aires pekan lalu, kali ini Santos tampil lebih dominan dari lawannya yang bermain lamban. Di menit pertama, sebuah serangan tajam masih membentur mistar gawang, namun setelah seperempat jam laga Santos berhasil memimpin skor.

Baca juga: Mantan penjaga gawang Brazil Rogerio Ceni menjadi pelatih Flamengo
Baca juga: Presiden klub Paraguay dihukum seumur hidup karena pengaturan skor

Sebuah umpan silang mengenai lengan pemain Boca di dalam kotak penalti dan ketika sebagian besar pemain masih terpana menunggu keputusan wasit, Diego Pituca menerkam bola dan melepas tembakan ke gawang.

Pemain sayap Jefferson Soteldo menggandakan keunggulan pada empat menit memasuki babak kedua ketika ia memotong dari sisi kiri dan melepaskan bola dengan tembakan kaki kanan ke gawang.

Lucas Braga membuat skor menjadi 3-0 tiga menit kemudian setelah menyambut kerja keras Marinho.

Malam semakin kelam bagi Boca ketika Frank Fabra diusir keluar lapangan setelah pertandingan berjalan 56 menit karena ia terang-terangan menepis bola dengan tangan.

Babak puncak turnamen 2020 yang sempat ditunda karena pandemi virus corona ini menjadi yang pertama kalinya tanpa tim Argentina sejak 2016.

Final akan menghadirkan tim Santos yang terakhir memenangi gelar juara pada 2011 ketika Neymar masih perkuat tim itu dan akan melawan tetangga dekat mereka Palmeiras, yang belum pernah memenangkan kompetisi klub utama Amerika Selatan sejak 1999, demikian Reuters.

Baca juga: Udinese gaet Molina dari Boca Juniors
Baca juga: China wajibkan klub sepak bola tanpa “embel-embel” nama sponsor
Baca juga: Kazuyoshi Miura perpanjang kontrak pada usia 54 tahun

Berita terkait: