Sanguinis Adalah Tipe Kepribadian Manusia, Ketahui Kekurangan dan Kelebihannya

Setiap individu tentu memiliki karakter atau kepribadian yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, sudah menjadi suatu keharusan kita untuk mengetahui kepribadian diri masing-masing. Dengan mengenali kepribadian diri sendiri, Anda akan dengan mudah mengoptimalkan diri ke arah yang lebih positif.

Selain mengetahui kepribadian diri sendiri, Anda juga sebaiknya mengetahui kepribadian seseorang. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah memahami lawan bicara pada interaksi sosial dengan orang-orang sekitar.

Menurut ilmu psikologi, terdapat setidaknya empat kepribadian yang dimiliki seorang individu. Salah satu kepribadian tersebut yaitu Sanguinis. Lantas apa itu Sanguinis?

Berikut beberapa hal terkait Sanguinis yang telah rangkum dari liputan6.com dan berbagai sumber.

Pengertian Sanguinis

ilustrasi tertawa©Shutterstock.com/Djomas

Orang dengan kepribadian Sanguinis merupakan individu yang optimis serta selalu bersemangat. Orang Sanguinis juga selalu kreatif dan ramah dengan orang lain.

Selain itu, orang Sanguinis juga memiliki ciri-ciri mudah bergaul dengan orang lain, punya energi yang besar, suka bersenang-senang, suka bertualang, aktif, optimis, ekspresif, memiliki selera humor yang baik, serta tak ragu untuk menunjukkan rasa sayangnya ke orang lain.

Oleh sebab itu, tak heran jika banyak orang yang senang dekat dengan si Sanguinis. Orang dengan kepribadian ini disebut cocok bekerja di industri hiburan seperti travel , fashion , marketing , atau olahraga.

Kelebihan Sanguinis

Sanguinis memiliki beberapa kelebihan yang perlu Anda ketahui. Dilansir dari dokterpsikologi.com , berikut kelebihan dari Sanguinis.

a. Menyukai kesenangan, sehingga hal-hal yang ia lakukan memang untuk menyenangkan dirinya sendiri maupun orang lain.

b. Orang dengan kepribadian Sanguinis cenderung lebih banyak bicara.

c. Punya sifat yang ramah, hangat, dan bersahabat dengan semua orang.

d. Mudah dalam menjalin pertemanan dan persahabatan.

e. Memiliki antusias yang tinggi dalam beraktivitas dan berbicara.

f. Cenderung memiliki rasa simpatik serta kasihan kepada orang-orang yang membutuhkan.

g. Mudah mengekspresikan perasannya.

Kekurangan Sanguinis

Selain kelebihan, orang dengan kepribadian Sanguinis juga memiliki beberapa kekurangan, di antaranya sebagai berikut.

a. Karena cenderung banyak bicara, orang dengan kepribadian Sanguinis terkadang membesar-besarkan jika terjadi suatu masalah.

b. Cenderung memiliki emosi yang labil.  

c. Jika terlalu menyukai kesenangan, maka terkadang akan membuat pekerjaannya kurang produktif.

d. Bisa bekerja dengan optimal jika berada di lingkungan yang menyenangkan. Oleh karena itu, orang Sanguinis jika berada di lingkungan kerja yang kurang menyenangkan, cenderung akan berpengaruh pada performanya.

e. Terkadang, orang Sanguinis suka terlalu asik mengobrol sehingga membuatnya lupa waktu atau kurang disiplin.

Kebutuhan Emosi Sanguinis

ilustrasi tertawa©2012 telegraf.rs

Emosi ialah jenis perasaan yang itu adalah respon dari interaksi yang ada. Perlu diketahui, kebutuhan emosional dari masing-masing kepribadian berbeda-beda.

Bagi seseorang yang memiliki kepribadian Sanguinis, ia cenderung memiliki kebutuhan emosional ingin sayang, diperhatikan, dipuji, bahkan disentuh. Perhatian-perhatian kecil atau hadiah kecil akan sangat menyentuh hatinya. Selain itu, orang Sanguinis juga senang diajak jalan-jalan serta melakukan aktivitas yang menyenangkan.

Berita terkait: