Sandiaga Uno Siapkan Tiga Strategi Tarik Wisatawan Masuk RI

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya telah menyiapkan tiga strategi untuk menarik lebih banyak wisatawan masuk ke Indonesia tahun ini. Tiga strategi tersebut antara lain inovasi, adaptasi dan kolaborasi.

“Tiga platform Kemenparekraf yaitu akan menitik beratkan pada inovasi, adaptasi dan kolaborasi. Inovasi, kita akan menyelesaikan persoalan dengan solusi dan alternatif baru,” ujar Sandiaga saat rapat dengan DPR, Jakarta , Kamis (14/1).

Kedua, adaptasi. Di mana industri pariwisata akan diarahkan untuk bisa bertahan dalam segala kondisi termasuk di tengah kondisi pandemi saat ini. Lalu, kolaborasi di mana Kemenparekraf akan menggerakkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan bekerjasama dengan sinergi untuk mencapai pertumbuhan yang maksimal.

“Untuk menerapkan upaya tersebut kita akan sampaikan strategi inovasi. Ini upaya mendasar mulai dari kebersihan toilet, hotel program destinasi super prioritas. Desa wisata ini kita perbaiki produk ekraf nya, kuliner, kriya. Mulai dari busana tarian sampai infratruktur dan interkoneksi,” jelasnya.

Sandiaga Uno menjelaskan, untuk kolaborasi pihaknya akan bekerjasama dengan semua pihak. Nantinya akan terus digencarkan kampanye 3G, 4K dan 5 Destinasi Super Prioritas.

“Kolaborasi saya rasa, kita yakin kolaborasi khususnya pentahelix melibatkan semua pihak. Ini sangat dibutuhkan semua pelaksaan program tersebut akan dengan semangat 3G, 4K, 5 Destinasi. 3G Gercep gerak cepat, geber gerak bersama, gaspol garap semua potensi lapangan kerja. 4 K kebersihan, kesehatan, keselamatan, keberlanjutan lingkungan,” tandasnya.

Berita terkait: