Sampul Komik Langka Tintin Dijual Hingga Rp 51,5 Miliar di Paris

Pandemi Covid-19 tak menghentikan pamor tokoh kartun Tintin, karya Herge. Lukisan komik langka bergambar Tintin dipamerkan di Paris, Prancis dan akan ditawarkan dengan harga sekitar 2-3 juta euro atau Rp 51,5 miliar.

Seperti dilaporkan AP , Rabu (13/1), para pencinta buku komik dan turis dapat melihat sekilas gambar Tintin karya Herge di Paris, Prancis dari jarak sosial sebelum dijual pada Kamis (14/1). Buku ini mungkin memecahkan rekor buku komik termahal dalam sejarah.

Lukisan tahun 1936 dengan tinta dan cat air, ditujukan sebagai sampul untuk The Blue Lotus , volume kelima dari petualangan Tintin, tokoh animasi jurnalis Belgia. Tapi sampul ini tidak pernah ada di rak toko buku mana pun karena ditolak karena terlalu mahal untuk direproduksi dalam skala luas – korban dari keahliannya yang langka.

“Mereka harus melakukan proses pencetakan empat warna, dengan tambahan warna. (Tapi penerbit) mengira bahwa album komik itu sudah mahal. Mereproduksi seni sampul ini akan meningkatkan biaya produksi,” kata pakar komik Eric Leroy di balai lelang Art Curial di jalan Champs-Elysees.

Seperti judul “Teratai Biru”, karya seni ini menempatkan Tintin terkenal di Asia. Seekor naga merah besar muncul di latar belakang hitam oleh wajah ketakutan reporter Belgia itu. Ilustrasi tersebut adalah tambahan yang berharga untuk ekosistem Tintin, subjek pertunjukan baru-baru ini di London dan Barcelona, adaptasi Hollywood 2011, gim video, dan aplikasi.

Dalam “Blue Lotus,” Tintin melakukan perjalanan ke Tiongkok saat invasi Jepang tahun 1931 untuk menyelidiki dan mengekspos – bersama dengan anjingnya Snowy – jaringan mata-mata Jepang, jaringan penyelundupan narkoba dan kejahatan lainnya.

Berita terkait: