Ruang Isolasi Pasien Covid-19 di Kota Bekasi Makin Berkurang

Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mengatakan, ruang isolasi pasien Covid-19 yang berada di RSUD Tipe D makin berkurang. Pemkot Bekasi miliki tiga RSUD Tipe D di Kecamatan Jatisampurna, Pondokgede, dan Bantargebang.

Awalnya, ketiga RSUD Tipe D ini menyediakan ruang isolasi sebanyak 45 ruangan, di masing-masing rumah sakit. Namun, permintaan masyarakat kian melonjak, hingga kini hanya tersisa sekitar 10 ruang isolasi di ketiga RSUD Tipe D tersebut.

“Saat ini, hanya tersisa 10 sampai 15 tempat tidur,” ujar Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, Kamis (17/9/2020).

Rumah sakit tipe D ini telah menerima pasien Covid-19 dengan gejala ringann atau tanpa gejala. Sedangkan, pasien dengan gejala berat dan memiliki penyakit penyerta, dirujuk ke RSUD dr Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi serta beberapa rumah sakit rujukan lainnya di Kota Bekasi.

Menipisnya ketersediaan ruang isolasi ini membuat Pemkot Bekasi menggunakan Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, sebagai ruang isolasi cadangan. Stadion Patriot digunakan bagi pasien yang gejala ringan atau pasien tanpa gejala.

Selain itu, ruangan isolasi di stadion diperuntukkan bagi masyarakat yang rumahnya sempit dan tidak memungkinkan untuk melakukan isolasi mandiri di kediamannya. Meningkatnya permintaan ruang isolasi di Kota Bekasi membuat pemerintah daerah, melonggarkan persyaratan tersebut.

Bagi warga yang tidak tertampung di rumah sakit, dapat melakukan isolasi di ruangan Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi Selatan.

Pihaknya telah menyediakan seluruh fasilitas seperti tempat tidur 57 unit, perawat dan tim dokter serta alat medis.

“Stadion digunakan sebagai alternatif terakhir, apabila rumah sakit tidak dapat menampung pasien,” imbuhnya.