RSPAU Hardjolukito berkomitmen maksimalkan penanganan pasien COVID-19

Komitmen tetap di RSPAU Hardjolukito akan selalu siap maksimal untuk penanganan COVID-19 Bantul – Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara (RSPAU) dr S Hardjolukito Yogyakarta akan selalu berkomitmen dalam membantu pemerintah memaksimalkan penanganan terhadap pasien terpapar COVID-19 daerah setempat yang sampai saat ini belum diketahui kapan wabah pandemi berakhir.

“Komitmen tetap di RSPAU Hardjolukito akan selalu siap maksimal untuk penanganan COVID-19,” kata Kepala RSPAU dr S Hardjolukito Yogyakarta Kolonel (Kes) dr Mohamad Rowi usai serah terima jabatan kepala institusi pelayanan kesehatan tersebut di Yogyakarta, Rabu.

Pejabat baru di RSPSAU itu mengatakan, pentingnya komitmen dalam penanganan pasien COVID-19, karena diketahui bersama bahwa wabah ini belum tahu ke depannya, apakah akan semakin menurun atau semakin naik kasusnya.

“Kalau sekarang ini kan kasus masih naik turun, makanya kita akan meningkatkan kemampuan pelayanan terhadap pasien COVID-19, sampai pasien COVID-19 benar benar teratasi, kita akan kerja sama dengan instansi samping dengan RSUP Dr. Sardjito dan Dinkes sebagai penanggung jawab utama penanganan COVID-19,” kata Mohammad Rowi.

Sementara itu, pejabat Kepala RSPAU dr. S. Hardjolukito lama, Marsma TNI dr Swasono Rahayu mengatakan, selama menjabat lima bulan tujuh hari sebagai pimpinan rumah sakit, sudah berupaya semaksimal mungkin dalam melaksanakan amanah dari pimpinan pusat maupun satuan samping dalam penanganan COVID-19.

Dia mengatakan, institusi pelayanan kesehatan ini menjadi salah satu dari tiga rumah sakit rujukan COVID-19 terbesar yang ditunjuk Pemerintah Daerah (Pemda) DIY, dua RS lainnya adalah RSUP Dr. Sardjito dan Rumah Sakit Akademi Universitas Gadjah Mada (RSA UGM).

“Tapi yang terbesar kita merawat pasien COVID-19 di Hardjolukito, kita menyediakan 145 tempat tidur, puncaknya sempat mencapai 92 pasien, memang sudah berat. Jadi ini menjadi tantangan kita sebagai pimpinan RSPAU Hardjolukita, tapi demi amanah, untuk penanggulangan COVID-19 bisa kami laksanakan dengan baik,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan TNI AU (Kadiskesau) Marsma TNI Dr dr Isdwiranto Iskanto dalam sambutan sertijab Kepala RSPAU dr. S. Hardjolukito mengatakan, dalam masa pandemi COVID-19 kita dihadapkan pada situasi yang sulit, beberapa sektor dalam negeri merasakan dampak, salah satu yang berpengaruh adalah bidang kesehatan.

“Seperti yang disampaikan Bapak Presiden Jokowi beberapa waktu lalu, bahwa COVID-19 bukanlah hal yang biasa biasa saja, tetapi ini adalah masalah serius yang harus ditangani secara cepat, tepat dan terukur,” katanya.

Oleh karena itu, institusinya selaku insan kesehatan yang secara langsung menangani pasien COVID-19, harus selalu bertindak extraordinary (luar biasa).

“Dengan mengedepankan profesionalisme, militan dan inovatif, sehingga apa yang menjadi kebijakan pemerintah dalam penanggulangan COVID-19 dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya,” demikian Isdwiranto Iskanto.

Baca juga: RSPAU Hardjolukito Yogyakarta terima donasi APD penanganan COVID-19

Baca juga: RSPAU Hardjolukito siapkan tim tangani bencana erupsi Gunung Merapi

Baca juga: RSPAU Hardjolukito siapkan gedung tiga lantai untuk pasien COVID-19
 

Berita terkait: