Roma vs Inter, Partai Penuh Gengsi di Olimpico

– Duel yang menjanjikan partai seru akan terjadi saat Roma menantang tamunya Inter, Minggu (19/7/2020) atau Senin dini hari mulai pukul 02.45 WIB. Partai ini penuh aroma gengsi lantaran mempertemukan dua tim elite Italia.

Partai ini penting bagi Inter untuk memelihara peluang menjadi juara. Sementara bagi tuan rumah partai ini wajib dimenangkan untuk memperbesar peluang mendapatkan tiket Liga Europa.

Dengan lima pertandingan sisa, Roma yang kini bertengger di posisi kelima sepertinya kesulitan mengejar tim yang berada satu tingkat di atas mereka yakni Lazio. Meski di klasemen hanya berbeda satu tingkat, namun di antara kedua kini terbentang jarak sangat lebar 12 poin.

Harapan untuk mengejar Lazio dan mendapat tiket Liga Champions musim depan memang masih ada namun sangat tipis. Roma sudah di posisi meraih Liga Europa tetapi jika lengah bukan tak mungkin posisi mereka tergeser oleh Milan dan Napoli yang kini berada di posisi kenam dan ketujuh.

Meski Napoli saaat ini berada di urutan ketujuh, bukan tak mungkin pasukan Gennaro Gattuso menyalib lantaran selisihnya dengan Roma hanya empat poin. Oleh sebab itu Roma tak boleh kalah dalam partai ke-34 ini.

Mengusung formasi 3-4-2-1, pelatih Roma Paulo Fonseca akan kembali menempatkan Bryan Cristante sebagai starter di lini belakang. Dia bersama Gianluca Mancini dan pemain asal Brasil, Ibanez, akan menjadi andalan di barisan belakang. Trio ini akan mengawal penjaga gawang Pau Lopez.

Davide Zappacosta dan Leonardo Spinazzola menjadi pemain sayap di kanan dan kiri. Sementara sentral lini tengah akan dimotori Amadou Diawara dan Jordan Veretout.

Edin Dzeko menjadi ujung tombak tunggal. Striker asal Bosnia-Herzegovina ini akan ditopang Lorenzo Pellegrini dan Henrikh Mkhitaryan.
Di kubu Inter, penyerang Alexis Sanchez, tampil mengesankan sejak liga diputar kembali di era pandemi Covid-19. Dia kemungkinan besar kambalimenjadi andalan di lini depan dalampertandingan besar seperti ini.

Ini berarti salah atau di antara Romelu Lukaku atau Lautaro Martinez harus rela duduk di bangku cadangan. Namun pelatih Antonio Conte tampaknya akan menurunkan Lautaro Martinez sejak menit pertama mendampingi Alexis Sanchez. Duet Martinez-Sanchez akan dibantu oleh Christian Eriksen sebagai trequartista atau penyerang lubang,

Di belakang Eriksen, lini tengah akan diisi dua pemain sayap Victor Moses dan Cristiano Biraghi. Sama dengan Roma, Inter juga menurunkan tiga bek di lini belakang yakni Milan Skriniar, Stefan de Vrij, Alessandro Bastoni, untuk mengawal kiper Samir Handanovic.

Roma mulai menemukan performa terbaik mereka lagi dengan menempatkan tiga bek di barisan belakang. Dengan formasi ini, mereka berhasil meraih tiga kemenangan beruntun di ajang Serie A dan memperbesar peluang meraih tiket Liga Europa.

Kondisi Inter sedang tak bagus. Mereka mendapat banjir kritik lantaran hasil mengecewakan. Belum menyatunya performa Christian Eriksen dengan sistem yang diterapkan Conte juga menjadi sorotan.

Saat ini mereka tertinggal enam poin oleh pemimpin klasemen Juventus. Peluang mengejar juara Serie A delapan musim terakhir secara beruntun itu masih ada.

Namun mereka tak boleh kalah dalam partai di Stadion Olimpico ini. Inter setidaknya harus meraih hasil seri agar tidak kian kesulitan mengejar Juve. Jika bisa menang di kandang lawan akan lebih baik lagi.

Inter memang menang telak atas Brescia 6-0 dalam laga terakhir mereka di Serie A. Namun kekalahan di Bologna dan hanya seri 2-2 melawan Torino harus menjadi pelajaran.

Romelu Lukaku sudah pulih dari cedera dan mendapat tempat setidaknya di sebagai cadangan, setelah pulih dari cedera otot yang membuatnya absen dalam dua laga terakhir. Namun sebagai starter, Conte pasti akan menurunkan Alexis Sanchez dan Lautaro Martinez di barisan depan.

Statistik menunjukkan partai Roma melawan Inter selalu berakhir seri dalam empat pertandingan terakhir di Serie A, sejak Nerazzurri menang 3-1 di Stadion Olimpico pada Agustus 2017.

Kemungkinan Susunan Pemain
Roma (3-4-2-1)
K: Pau López
B: Gianluca Mancini, Bryan Cristante, Ibanez
T: Davide Zappacosta, Amadou Diawara, Jordan Veretout, Leonardo Spinazzola
D: Lorenzo Pellegrini, Henrikh Mkhitaryan
D: Edin Dzeko
Pelatih: Paulo Fonseca

Inter (3-4-1-2)
K:Samir Handanovic
B: Milan Skriniar, Stefan de Vrij, Alessandro Bastoni
T: Victor Moses, Roberto Gagliardini, Marcelo Brozovic, Cristiano Biraghi
T: Christian Eriksen
D: Lautaro Martínez. Alexis Sanchez
Pelatih: Antonio Conte

Lima Pertandingan Terakhir Roma
03/07/20 Serie A Roma 0-2 Udinese
06/07/20 Serie A Napoli 2-1 Roma
09/07/20 Serie A Roma 2-1 Parma
12/07/20 Serie A Brescia 0-3 Roma
16/07/20 Serie A Roma 2-1 Verona

Lima Pertandingan Terakhir Inter
02/07/20 Serie A Inter 6-0 Brescia
05/07/20 Serie A Inter 1-2 Bologna
10/07/20 Serie A Verona 2-2 Inter
14/07/20 Serie A Inter 3-1 Torino
17/07/20 Serie A SPAL 0-4 Inter

Head to Head
07/12/19 Serie A Inter 0-0 Roma
21/04/19 Serie A Inter 1-1 Roma
03/12/18 Serie A Roma 2-2 Inter
22/01/18 Serie A Inter 1-1 Roma
27/08/17 Serie A Roma 1-3 Inter
27/02/17 Serie A Inter 1-3 Roma
03/10/16 Serie A Roma 2-1 Inter

Berita terkait: