Review realme 7i: Smartphone Berorientasi Performa Terbaik di Rentang Harganya

Sudah lama rasanya kami tidak mendengar seri angka dengan embel-embel huruf i dari realme. Terakhir kami menemukan seri angka realme dengan huruf i pada realme 5i yang diluncurkan awal tahun 2020. Rupanya, waktu yang cukup lama tersebut digunakan oleh realme menyiapkan realme 7i dengan lompatan teknologi dan desain yang benar-benar baru.

Diluncurkan bersamaan dengan realme 7, realme 7i bisa dibilang membawa spesifikasi dan desain yang mirip dari “saudara” nya. Sama-sama membawa 64MP quad camera, 90Hz Ultra Smooth Display dan baterai 5000mAh, faktor pembeda realme 7 dan realme 7i datang dari sektor jeroan yang menurut kami garis perbedaannya tipis. Apalagi smartphone ini datang dengan konfigurasi memori tunggal 8GB/128GB yang memiliki harga yang kompetitif.

Untuk menceritakan kepada Anda tentang realme 7i, tim redaksi kami sudah kedatangan smartphone ini dan berkesempatan untuk mencobanya selama beberapa hari. Untuk itu, langsung saja kami ceritakan bagaimana pengalaman kami menggunakan realme 7i 64MP Power Master ini.

Desain

Biasanya, seri angka dengan huruf i realme membawa desain yang bisa dibilang cukup baik di segmennya. Kali ini di realme 7i, mereka memberikan sentuhan desain yang lebih baik lagi dan membuat smartphone ini terlihat segar. Bagian bodi belakangnya memantulkan cahaya, layaknya cermin yang akan memberikan sensasi pemantulan cahaya yang berbeda tergantung arah cahaya. Modul kameranya juga berbentuk kotak layaknya smartphone kekinian.

realme 7i

realme 7i ©2020

Terdapat pula garis yang memisahkan bagian belakang realme 7i menjadi dua bagian. Pantulan cahaya tinggi di bagian atas dan tekstur matte di bagian bawah membentuk kontras yang sangat tajam, membuat smartphone ini memiliki kualitas premium. Di tengah-tengah bagian belakangnya, terdapat pembaca sidik jari untuk membuka smartphone ini. Saat kami coba, respon membukanya cukup cepat. Namun, desain ini mudah menangkap sidik jari ketika digenggam. Kami merekomendasikan untuk menggunakan jelly case yang sudah disertakan dalam box penjualan.

Layar

Beralih ke bagian depan, terdapat layar dengan bentang 6.5 inci yang lega. Beresolusi HD+, tampilan layar realme 7i cukup detil untuk diajak nonton video maupun bermain game. Nah untuk urusan bermain game, realme juga menyematkan 90Hz Ultra Smooth Display yang memiliki kecepatan refresh 50% lebih tinggi jika dibandingkan dengan tampilan 60Hz konvensional, menghasilkan pengalaman visual yang mulus disetiap sentuhan layar.

Kamera depan realme 7i menyatu dengan layar atau kerap disebut realme dengan In-Display Selfie, memberikan rasio screen-to-body hingga 90%. Kamera depannya sendiri mengusung 16MP ultra-clear dengan sensor Sony IMX471 yang dilengkapi dengan mode kecantikan pintar. Saat kami coba, kamera depannya berhasil mengeksekusi foto selfie yang alami dan lembut. Kamera depan realme 7i juga sudah mendukung mode HDR dan EIS untuk memperkaya sensasi selfie Anda.

Kamera

Dijuluki 64MP Power Master, sudah pasti kamera realme 7i ini membawa resolusi 64MP. Nampaknya 64MP akan menjadi standar resolusi kamera smartphone realme untuk segmen kelas menengahnya, terlihat dari realme 6 Series yang sudah mulai memakai resolusi kamera ini. Tentunya realme memberikan sentuhan yang berbeda pada 64MP quad camera di realme 7i ini.

Konfigurasi kamera yang dibawa oleh realme 7i adalah kamera utama 64MP, 8MP ultra-wide angle, 2MP lensa makro dan 2MP lensa B&W yang bertugas untuk mengambil foto portrait. Saat kami coba, kameranya memberikan pengalaman layaknya smartphone flagship. Saat mengambil foto dalam kondisi cukup cahaya, gambar yang disajikan cukup detil. Saat dicoba dalam kondisi low-light, kamera realme 7i berhasil mengeksekusi gambar dengan masukan cahaya yang kaya membuat foto low-light menjadi lebih cerah.

realme 7i

Hasil jepretan realme 7i©2020

Masih membicarakan foto low-light, kamera realme 7i ini juga cukup piawai mengambil foto kerlap-kerlip lampu gedung bertingkat pada malam hari. Apalagi kamera realme 7i ini membawa filter foto malam baru yang membuat foto malam Anda menjadi lebih impresif. Filter foto malam yang ada pada mode Nightscape di realme 7i ada tiga, yaitu Cyberpunk, Flamingo, dan Modern Gold. Saat kami coba, filter-filter ini menambah estetika pada foto malam dan hanya membutuhkan 1 klik untuk menambahkan filter ini ke foto malam Anda.

Untuk mode perekaman video, realme 7i sanggup merekam video hingga 1080p dengan kecepatan hingga 60fps. Saat kami mencoba mengambil video hanya dengan menggunakan tangan kosong tanpa gimbal, getarannya cukup minim. Hal tersebut dimungkinkan berkat hadirnya UIS Video Stabilization dan UIS Max Video Stabilization.

Performa dan Baterai

Julukan Power Master tidak hanya untuk sektor layar dan sektor kamera saja, tetapi juga di sektor jeroan dari realme 7i. realme 7i ini diperkuat oleh chipset Snapdragon 662, yang memberikan performa yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari atau bahkan bermain game. Chipset ini dibuat dengan menggunakan proses 11nm dengan clock speed hingga 2Ghz, sehingga menghasilkan performa bertenaga namun efisien.

Saat kami memakai smartphone ini untuk memainkan game yang populer di Indonesia seperti PUBG Mobile atau Mobile Legends, realme 7i cukup gegas. Pengalaman gaming nya cukup smooth dengan pengaturan visual medium. Panas yang dihasilkan pada saat memainkan game dengan durasi cukup lama juga masih dapat ditolerir. Membuka banyak aplikasi atau multitasking pada smartphone ini juga cukup mulus.

Sektor Power Master yang perlu diapresiasi dari realme 7i adalah baterai. Ukurannya baterainya masif, yaitu 5000mAh. Pada saat kami coba untuk penggunaan sehari-hari seperti scrolling media sosial, streaming musik atau video dan bermain game, baterainya sanggup bertahan nyaris 24 jam. Bahkan berdasarkan pengujian realme Lab, realme 7i dapat bertahan selama 34 hari dalam mode siaga.

Baterai 5000mAh tentunya akan memakan waktu lama untuk di charge. realme sangat memperhatikan hal tersebut dengan memberikan 18W Quick Charge. Mungkin bagi sebagian orang, 18W Quick Charge untuk 5000mAh masih terasa kurang dan membutuhkan lama untuk membuat baterai terisi penuh. Saat kami coba, 18W Quick Charge dapat mengisi 33% baterai hanya dalam waktu 30 menit atau 90 menit untuk mengisi penuh 100%. Terasa sedikit kurang gegas, namun menurut kamu masih dapat diterima.

Berbicara sektor penyimpanan, realme 7i membawa konfigurasi memori tunggal nan besar 8GB/128GB. realme sendiri memberikan informasi bahwa konfigurasi memori ini merupakan hasil masukan dari realme Fans dan realme mengabulkan permintaan mereka. Jika masih kurang, smartphone ini dapat diekspansi dengan micro SD card slot hingga 256GB di salah satu triple-sim-slot nya.

Fitur lainnya

Walaupun berada di segmen kelas menengah, realme 7i memiliki kualitas yang baik. Semua lubang di realme 7i dibuat kedap air karena realme menyegel lubang dengan pelindung silikon, secara efektif mencegah percikan dari luar. Sistem operasi yang diusung adalah Android 10 dengan sentuhan realme UI yang simpel dan minimalis, membuat smartphone ini semakin menyenangkan untuk digunakan.

realme 7i

Hasil Jepretan realme 7i©2020

realme 7i hadir dengan 2 pilihan warna yang menarik yaitu Aurora Green dan Polar Blue. Smartphone ini rencana akan hadir di Lazada sesaat setelah peluncurannya dan sudah tersedia di seluruh Indonesia tak jauh dari tanggal peluncuran dengan harga Rp 3 jutaan.

Kesimpulan

Bukan realme namanya jika tidak memberikan lompatan teknologi dan desain di seluruh lini produknya. realme 7i menurut kami berhasil membawa kedua sektor tersebut dengan baik. realme 7i Power Master kali ini mengalami peningkatan kapasitas baterai sebesar 5000mAh yang dilengkapi dengan 18W Quick Charge dikombinasikan dengan konfigurasi memori yang besar 8GB+128GB serta refresh rate layar 90Hz, menjadikannya smartphone dengan memori 8GB+128GB paling baik di pasaran smartphone Rp 3 jutaan saat ini.

Power Master yang disajikan dalam sektor kamera, jeroan, layar, baterai dan konfigurasi penyimpanannya ini menurut kami tetap akan kembali mengganggu segmen kelas menengah di tanah air. Kami berharap ke depannya realme seri angka-huruf juga akan mendapatkan fitur NFC seperti yang sudah dilakukan realme pada realme 7. [hhw]