Ratusan Penumpang KRL Jalani Swab Test di Stasiun Tangerang

 

Dinas Kesehatan Provinsi Banten bersama PT KCI menggelar swab test gratis bagi penumpang Kereta Commuter Line (KRL) Jabodetabek sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 di wilayah Banten khususnya Tangerang Raya. Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Mahfud, M.Kes mengatakan swab test dilakukan lantaran hampir 50 persen warga Tangerang bekerja dan beraktivitas di wilayah Jakarta dan kerapa menggunakan kereta sebagai alat transportasinya.

“Kegiatan ini adalah upaya kami dari Pemprov Banten melakukan pencegahan dan tracing masyarakat Banten khususnya yang bermukim di wilayah Tangerang. Lantaran sebagain besar masyarakat kita beraktivitas dan bekerja di Jakarta yang merupakan wilayah zona merah ditingkat nasional. Harapannya dengan kegiatan ini, kita bisa mempercepat penanganan Covid-19,” ujar Mahfud di Stasiun Tangerang, Kamis (23/7/2020).

Ditambahkannya, 700 paket swab test disiapkan. Para penumpang KRL yang di swab hanya menyiapkan KTP dan bukti diri dan dikhususkan untuk masyarakat yang ber-KTP wilayah Banten.

“Kita menyelenggarakan di beberapa tempat hari ini. Hasilnya sendiri akan menjadi bahan kami evaluasi dalam menetapkan apakah PSBB akan tetap dilaksanakan atau dihentikan dan menuju fase new normal. Ke depan kita terus akan upayakan pelaksanaan swab test ini sampai nantinya kita bisa mengetahui seberapa besar warga Banten yang positif dan kita bisa langsung tangani hingga penyebaran covid-19 di Banten khususnya wilayah Tangerang Raya akan bisa diatasi,” tandasnya.

 

Berita terkait: