Rahasia Hidup Munger, Miliuner Berusia Hampir Seabad dengan Kekayaan Rp23 Triliun

Tak banyak orang tahu, tangan kanan pemilik Berkshire Hathway Warren Buffet adalah seorang laki-laki yang sudah berusia 95 tahun atau nyaris satu abad. Dia adalah Munger namanya, dan dia pun masuk ke dalam deretan miliuner Amerika Serikat dengan kekayaan bersih mencapai USD1,7 miliar (Rp23,8 triliun).

Munger tidak hanya menjabat sebagai wakil ketua dari perusahaan investasi terbesar di AS Berkshire Hathway, tetapi dia juga merupakan seorang penerbit Daily Journal Corp dan dewan direksi perusahaan ritel Costco.

Di usianya yang hampir mendekati satu abad, Munger terbilang memiliki kehidupan yang cukup sukses. Banyak orang bertanya-tanya apa rahasia berumur panjang dan bahagia yang dia miliki.

Akhirnya pada pertemuan tahunan yang diadakan oleh The Daily Journal di Los Angeles, California, Munger mengungkapkan rahasianya. “Mudah, sangat sederhana,” kata Munger seperti melansir laman CNBC.

Kemudian dia melanjutkan pembahasannya. “Jangan memiliki banyak rasa iri, kebencian, boros. Anda harus tetap ceria meski ada masalah, miliki lingkaran pertemanan yang dapat diandalkan, melakukan apa yang seharusnya dilakukan. Aturan sederhana itu bisa membuat hidup Anda lebih baik,” kata dia.

Munger mengatakan, dengan keceriaan, itu akan menghilangkan perasaan negatif pada diri dan pemikiran.

Mengenal Sosok Munger

Sekilas mengenai sosok Munger, dia dibesarkan di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat. Kisahnya yang bisa bertemu dengan Buffet, berawal sejak sebelum 1959. Munger meninggalkan Omaha dan memutuskan untuk tinggal di Los Angeles.

Ketika itu, Buffet berusia 7 tahun di bawah Munger yang pada saat itu usianya 35 tahun. Seorang dokter di Omaha memperkenalkan keduanya dan mengatakan mereka cocok dan akan berhasil.

Itulah alasan mengapa hingga kini Munger masih menjadi kepercayaan Buffet melihat perusahaannya yang kian sukses.

Sebelum bergabung dengan Berkshire Hathway, Munger dulunya seorang pengacara dengan bayaran USD 15 per jam.

Buffet begitu memuji kehebatan rekannya tersebut yang telah membuat perusahaannya sukses seperti sekarang ini.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Salip Elon Musk, Jeff Bezos Kembali Rebut Predikat Orang Terkaya Dunia
Saham Tesla Anjlok, Jeff Bezos Kembali Jadi Orang Terkaya di Dunia
Ada Pajak Orang Kaya, Miliuner Jeff Bezos Harus Bayar Rp28 Triliun Setahun
Mundur dari Jabatan CEO, Ini Perjalanan Jeff Bezos Bangun Amazon
Kisah Anak Sultan yang Banting Setir Jualan Ganja

Berita terkait: