Quartararo Juara Balapan Perdana 2020, Marquez Tampil Heroik Sebelum Jatuh

Pembalap Petronas Yamaha Fabio Quartararo memenangi laga perdana MotoGP musim 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol, dari pole position , Minggu (19/7/2020), untuk merebut trofi pertamanya di kelas premier.

Balapan berlangsung dramatis dengan penampilan heroik juara dunia Marc Marquez yang sempat tercecer dari posisi terdepan ke urutan 18 karena terjerumus ke gravel, kembali ke trek dan bertarung heroik untuk kembali ke tiga besar, sebelum akhirnya jatuh dan gagal melanjutkan lomba.

Marquez harus ditandu keluar sirkuit dengan penyangga leher.

Quartararo yang baru berusia 20 tahun layak mendapatkan kemenangan ini. Ketika start dilakukan dia sudah tercecer ke posisi tiga tetapi tetap membalap dengan tenang dan menjaga ritme. Marquez yang start dari posisi tiga sudah berada paling depan dengan menyalip pembalap Yamaha Maverick Vinales, sebelum keluar trek pada putaran ke-6.

Vinales tidak lama memimpin balapan, karena pada putaran ke-9 melakukan kesalahan hingga melebar, sehingga memberi jalan bagi Quartararo dan pembalap Pramac Ducati Jack Miller untuk menyalip.

Tidak butuh waktu lama, Quartararo sudah memimpin hingga setengah detik dan setelah itu tidak terbendung lagi untuk meraih trofi tertinggi dalam karirnya sejauh ini. Pertama kali dalam 21 tahun, seorang pembalap Prancis bisa menjadi juara grand prix MotoGP.

Vinales sendiri akhirnya mampu mengamankan posisi kedua setelah kecepatan Miller mulai menurun.

Di barisan belakang, Marquez berjuang keras menyalip satu per satu pembalap di depannya, hingga kemudian sudah kembali membuntuti Vinales.

Di tengah kompetisi sengit MotoGP, fakta ini sangat luar biasa. Tercecer dari posisi terdepan hingga tertinggal 16 pembalap di belakang, hanya sekitar selusin putaran Marquez sudah kembali menantang Vinales di posisi dua yang ditaklukkannya di awal.

Sayangnya, pilihan ban soft-soft Marquez tampaknya merupakan sebuah kesalahan. Setelah insiden pertama, kali ini giliran ban belakang yang kehilangan kendali sehingga dia terpelanting dari motornya dalam kategori kecelakaan berat dalam MotoGP yang disebut high-rise crash , hanya empat putaran sebelum finis dan hanya terpaut satu ban dari Vinales di posisi dua.

Pembalap Ducati Andrea Dovizioso tampil sabar karena tampaknya menyadari sirkuit tanpa lintasan panjang di Jerez tidak terlalu cocok untuk motornya. Namun, cara membalapnya membuahkan hasil karena di saat-saat terakhir dia mampu menyalip Miller untuk merebut podium terakhir.

Miller sendiri harus puas di posisi empat, diikuti pembalap Petronas Yamaha Franco Morbidelli. Mereka berdua sempat bersenggolan di putaran terakhir, untungnya masing-masing bisa bertahan di atas motor.

Pembalap KTM Pol Espargaro juga tampil konsisten dan sempat bertarung melawan Miller dan dua Ducati, sebelum akhirnya finis urutan keenam.

Pembalap veteran Yamaha Valentino Rossi gagal melanjutkan balapan setelah paruh pertama dilewati karena jatuh sendiri.

Berita terkait: