Punya Kinerja Baik, Masyarakat Surabaya Lebih Suka Eri Cahyadi

Lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) melakukan survei menjelang Pilkada Surabaya 2020. Berdasarkan hasil survei, calon wali kota Eri Cahyadi disebut lebih disukai warga Surabaya ketimbang Machfud Arifin.
SMRC mencatat, sebanyak 77 persen menyukai Eri Cahyadi. Sementara, Machfu Arifin sebanyak 66 persen.

Deni Irvani, Direktur Riset SMRC mengatakan Eri Cahyadi lebih banyak dipilih karena dia dinilai punya kualitas personal yang lebih positif dibanding Machfud Arifin.

“Di antara yang tahu, yang suka kepada Eri 71%, lebih tinggi dibandingkan Machfud 66%. Ini yang menjelaskan mengapa Eri Cahyadi sementara unggul atas Machfud Arifin,” kata Deni.

Secara personal, rekam jejak dan kinerja baik Eri Cahyadi memang sudah dikenal oleh warga Surabaya. Saat Pemkot Surabaya melakukan perombakan besar-besaran tahun 2018 silam, nama Eri dipilih untuk mengisi jabatan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) yang sempat kosong selama 5 bulan.

Posisi ini juga dulu sempat diduduki oleh Tri Rismaharini sebelum menjadi Wali Kota. Tidak hanya Kepala Bappeko, pria yang merupakan lulusan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya tahun 1999 tersebut juga merangkap jabatan sebagai Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya.

Melalui dua jabatan strategis tersebut, Eri dianggap berhasil mengeksekusi program-program kerakyatan yang dicetuskan Risma selama memimpin Surabaya.

Berita terkait: