PT Timah serahkan 2 kapal patroli amankan laut Bangka Selatan

Bangka Selatan – PT Timah Tbk menyerahkan dua unit kapal patroli jenis speed boat atau kapal cepat dilengkapi mesin 40 PK ke Polres Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sebagai sinergitas perusahaan dengan kepolisian dalam mengamankan laut di daerah itu.

“Bantuan kapal ini, tentu sangat membantu dan menunjang tugas Satpolair Polres Bangka Selatan dalam berpatroli dan mengamankan berbagai tindak kejahatan di laut,” kata Wakil Kepala Polres Bangka Selatan, Kompol Sarwo Edi Wibowo saat menerima dua unit kapal cepat dari PT Timah Tbk di Toboali, Selasa.

Ia mengapresiasi PT Timah yang telah membantu operasional Polres Bangka Selatan dalam mengoptimalkan pengamanan laut dari berbagai tindak kejahatan seperti bajak laut, penyeludupan dan penambangan bijih timah ilegal di laut serta kecelakaan kapal.

“Kapal bantuan ini, nantinya akan ditempatkan di wilayah Pos Polair Toboali untuk membantu pengamanan dan juga patroli laut,” ujarnya.

Baca juga: PT Timah salurkan 10 ribu udang galah bantu warga Air Lintang

Baca juga: Teknologi Tekmira ESDM perpanjang umur produksi PT Timah 12 tahun

Menurut dia bantuan kapal patroli ini sangat penting dan sangat dibutuhkan dalam pengamanan laut. Satpol Air Bangka Selatan memang telah memiliki speed boat namun jenis rubber boat yang kurang memadai dalam mengoptimalkan pengamanan laut.

“Kita sudah ada tapi ini tapi speed lidah yang karet. Kalau kayu ini belum ada dan ini memang kami butuhkan untuk pelaksanaan tugas kegiatan operasional Satpolair Bangka Selatan. Sekarang juga kita sedang melakukan pengamanan laut,” tutur-nya.

Ia menambahkan saat ini sinergi PT Timah dengan Polres Bangka Selatan berjalan dengan harmonis. Selain itu, pihaknya mendukung dalam kegiatan pengamanan operasional PT Timah. “Kami juga melakukan pengamanan untuk operasional PT Timah baik di darat maupun di laut,” ujarnya.

Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan, PT Timah Tbk Anggi Siahaan mengatakan, bantuan kapal cepat ini merupakan bentuk sinergi PT Timah dengan Polres Bangka Selatan.

Ia berharap, bantuan ini dapat mendukung operasional Polres Bangka Selatan dalam mengamankan wilayah perairan Bangka Selatan.

“Kita berharap bantuan ini dapat mendukung kegiatan operasional Polres Bangka Selatan. Kita berupaya untuk bersinergi untuk saling membantu. Semoga ini dapat dimanfaatkan dengan baik,” ucap-nya.

Baca juga: PT Timah evakuasi nelayan yang kapalnya tenggelam di Bangka

Baca juga: Kementerian ESDM-Pemprov Babel bahas kenaikan royalti timah 10 persen

Berita terkait: